Jakarta (ANTARA) - Pembalap Indonesia Aldi Satya Mahendra (Team BrCorse) memastikan kemenangan perdananya pada World Supersport 300 (WorldSSP300) pada Race 2 kelas itu yang digelar di Sirkuit Autodrom Most, Ceko, Minggu (30/7) waktu setempat.

"Saya sangat senang dengan kemenangan pertama saya di WorldSSP300. Kondisi treknya benar-benar basah (karena hujan), dan saya hanya memikirkan kecepatan saya saat itu," kata Aldi, dikutip dari keterangan resmi WSBK, Senin.

Dengan hujan yang turun saat lap pemanasan dimulai, keputusan dibuat untuk menunda start dan membawa semua pembalap kembali ke pit. Jalur pit dibuka untuk Sighting Lap sekitar 50 menit setelah start yang dijadwalkan dengan balapan dikurangi menjadi jarak delapan lap.

Saat lampu padam, duo pembalap Indonesia Galang Hendra Pratama (Sublime Racing by MS Racing) dan Aldi yang turun dengan status wildcard langsung melaju kencang di sirkuit.

Baca juga: Aldi Satya Mahendra menangi dua balapan Yamaha R3 bLU cRU di Italia


Dalam balapan kedua itu, Aldi berusaha menyerang di awal saat ia memanfaatkan kondisi sulit sebelum menahan tekanan dari para pesaingnya untuk memperebutkan posisi terdepan.

Sementara, Galang kemudian mengalami masalah teknis dan membuatnya terjatuh, hingga membawa motornya kembali ke dalam pit. Ini membuat Aldi memimpin sementara dia mencoba menangkis Marc Garcia (China Racing Team) dan Jose Manuel Osuna Saez (Deza-Box 77).

"Di lap terakhir, saya ingin menghemat kecepatan saya, tapi saya tahu saya seharusnya bisa berbuat lebih banyak. Saya mendorong dan mampu menyalip untuk kemenangan di tikungan terakhir," ujar Aldi.

Baca juga: Aegerter sempurnakan gelar juara WSSP dengan podium pertama di Race 2
Baca juga: Dominique Aegerter kunci gelar juara dunia WSSP di Mandalika


Aldi pun mencetak lap tercepat balapan di lap terakhir dengan 1 menit 58,987 detik, dan ini merupakan kemenangan pertamanya di kejuaraan dalam balapan keempatnya.

Sementara, Osuna Saez naik podium perdananya di WorldSSP300. Lima dari enam pembalap di podium di WorldSSP300 Ceko berada di mimbar untuk pertama kalinya.

Berikut adalah enam besar WorldSSP300 Ceko 2023.

1. Aldi Satya Mahendra (Team BrCorse)
2. Jose Manuel Osuna Saez (Deza-Box 77 Racing Team) +0,169 detik
3. Jose Luis Perez Gonzalez (Accolade Smrz Racing BGR) +2,796 detik
4. Kevin Fontainha Santos (Sublime Racing by MS Racing) +2,863 detik
5. Samuel Di Sora (ProDina Kawasaki Racing) +2,996 detik
6. Fenton Seabright (Kawasaki GP Project) +3,038 detik

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023