Jakarta (ANTARA) - Pembalap Aruba.It Ducati Alvaro Bautista kembali memecahkan rekor pada Race 2 World Superbike (WSBK) Ceko, yaitu membukukan kemenangan terbanyak sepanjang musim terbaru dengan total 18 kemenangan tahun ini.

Dikutip dari keterangan resmi WSBK, Senin, ini juga merupakan kemenangan ke-50 Bautista di kelas balap WSBK sekaligus memperpanjang keunggulannya di klasemen sementara musim ini dengan 427 poin.

Bautista pun mengaku tidak menyangka bisa memenangkan Race 2 WSBK Ceko menyusul dua hari yang berat di Sirkuit Autodrom Most dan dua pesaing terbesarnya, Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Prometeon) dan Jonathan Rea (Kawasaki Racing) yang juga menargetkan untuk finis di posisi terdepan.

Baca juga: Bautista sebut crash di WSBK Italia terjadi karena kesalahan sendiri

"Saya tidak berharap untuk menang akhir pekan ini, terutama setelah hari Jumat dan Sabtu yang sangat sulit. Saya selalu percaya pada diri saya sendiri, berusaha untuk tenang dan melakukan yang terbaik," kata Bautista.

"Saya tahu penting untuk memiliki balapan yang bagus dan meningkatkan posisi dari P14 di grid untuk Race 2. Saya berada di urutan kelima atau keenam di Lap 1, menurut saya itu adalah salah satu start terbaik dalam hidup saya. Ketika saya berada di posisi keempat, saya melakukan lap yang mirip dengan ketiga orang di depan saya," imbuhnya.

Posisi kedua diraih oleh Danilo Petrucci (Barni Spark Racing Team) yang terlampau 4,652 detik dari sang pemimpin balapan. Petrucci bersaing ketat dengan Rea yang akhirnya finis di posisi ketiga, menyusul Toprak yang terjatuh dan tidak bisa menyelesaikan balapan.

Baca juga: Toprak manfaatkan momentum demi raih juara Race 2 WSBK Italia
Baca juga: Bautista klaim kemenangan pertama di Imola pada Race 1 WSBK Italia


Finis ketiga dari Rea ini pun menambah jumlah 256 podium yang telah ia raih sepanjang kariernya di WSBK.

Lebih lanjut, Axel Bassani (Motocorsa Racing) menunjukkan ketangguhan yang luar biasa, pulih dari keterpurukan awal saat ia mengalami kesulitan dengan motornya. Meski kalah waktu, Bassani bangkit dan finis hanya 0,061 detik dari podium di posisi keempat.

Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Ducati) mengamankan tempat kelima setelah pertarungan ketat, dan Remy Gardner (Tim GYTR GRT Yamaha) finis di urutan keenam, menandai akhir pekan terkuatnya di Kejuaraan WSBK sejauh ini.

Berikut adalah enam besar Race 2 WSBK Ceko.

1. Alvaro Bautista (Aruba.it Racing – Ducati)
2. Danilo Petrucci (Barni Spark Racing Team) +4.652 detik
3. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) +4.725 detik
4. Axel Bassani (Motocorsa Racing) +4.786 detik
5. Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing – Ducati) +7.538 detik
6. Remy Gardner (GYTR GRT Yamaha WorldSBK Team) +10.717 detik

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023