Sangat senang akhir pekan ini! Ini pertama kalinya Yamaha menang di Imola, dan saya juga suka trek ini
Jakarta (ANTARA) - Pebalap Pata Yamaha Prometeon Toprak Razgatlioglu berhasil memanfaatkan momentum dengan baik hingga akhirnya meraih gelar juara pada Race 2 World Superbike (WSBK) Italia di Sirkuit Imola, Minggu (16/7) waktu setempat.

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima pada Senin, Toprak berhasil menjadi yang tercepat setelah bertarung sengit dengan Axel Bassani (Motocorsa Racing), yang pada akhirnya harus puas berada di posisi kedua dengan selisih waktu 1,996 detik saja.

"Saya sangat senang bahwa tahun ini, akhirnya, saya menang! Saya sudah menunggu momen ini, jadi terima kasih kepada tim saya yang melakukan pekerjaan luar biasa akhir pekan ini," kata Toprak.

Selain bertarung dengan Bassani, Toprak sebelumnya juga bersaing dengan juara bertahan Alvaro Bautista (Aruba.It Ducati) yang pada balapan kali ini tidak berhasil finis lantaran mengalami kecelakaan di Tikungan 3 dan mengakhiri rentetan kemenangannya musim ini.

Baca juga: Toprak rayakan podium ke-100 sepanjang kariernya di WSBK

Toprak pun mengungkapkan strateginya saat melihat Bautista terjatuh. Meski sempat merasa khawatir, pebalap asal Turki itu tidak ingin kehilangan fokus dan momentum untuk mengamankan kemenangan balapan panjang pertamanya di tahun 2023 ini.

"Setiap sesi, kami meningkatkan (performa) motornya. Saya juga merasa sedih untuk Alvaro, tapi ini adalah balapan, dan setiap orang mencoba dan melakukan yang terbaik. Ini pertama kalinya dia jatuh. Setelah itu, saya membuat rencana dan tidak ingin mengambil risiko," ungkap Toprak.

"Secara umum, saya sangat senang akhir pekan ini! Ini pertama kalinya Yamaha menang di Imola, dan saya juga suka trek ini... Kejuaraan belum berakhir. Saya membalap seperti sebelumnya, saya fokus hanya untuk menang," imbuhnya.

Baca juga: Toprak dan Rea waspadai satu sama lain di WSBK Italia

Sementara Bassani finis di posisi kedua, Jonathan Rea (Kawasaki Racing) mengamankan posisi ketiga dengan selisih 2,458 detik dari sang pemimpin balapan.

Balapan tersebut juga menyaksikan performa kuat dari rekan satu tim Toprak, Andrea Locatelli, yang finis di posisi keempat. Lalu Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Ducati) mengamankan tempat kelima, dan Bradley Ray (Yamaha Motoxracing) mencapai posisi keenam terbaik dalam karirnya.

Usai Race 2 WSBK Italia ini, Bautista masih mempertahankan keunggulannya di klasemen kejuaraan sementara dengan 391 poin, namun, kemenangan Toprak memperkecil jarak menjadi 70 poin dari sang pebalap Spanyol.

Sementara itu, WSBK putaran kedelapan akan bergulir di Ceko pada 28 hingga 30 Juli 2023.

Baca juga: Toprak berharap kembali rebut gelar juara dunia dengan tim baru
Baca juga: Toprak targetkan titel juara dunia 2024 bersama BMW

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023