Jakarta (ANTARA) - Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 mencatat kegiatan Business Matching (BM) Ekspor KKI 2023 mencapai Rp207,3 miliar yang terdiri dari realisasi ekspor dan penandatanganan kesepakatan bisnis.

Pencapaian tersebut meningkat 21,5 persen (year on year/yoy) dari pencapaian Business Matching Ekspor pada KKI 2022.

“KKI 2023 merupakan panggung UMKM bersama yang diharapkan dapat memacu motivasi pengusaha UMKM untuk semakin meningkatkan kreativitas, inovasi, dan semangat untuk terus tumbuh menjadi UMKM Indonesia Naik Kelas, Go Global, Go Export yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” kata Deputi Gubernur BI Juda Agung, dikutip dari keterangan resmi, Jakarta, Senin.

Pada perhelatan KKI 2023, juga telah berhasil diperoleh omzet penjualan yang sangat menggembirakan yaitu hingga pukul 12.00 WIB penjualan online sebesar Rp68,2 miliar dan penjualan offline sebesar Rp12,2 miliar yang masih akan meningkat hingga akhir pameran KKI 2023 berlangsung malam ini.

Baca juga: Sandiaga sebut KKI 2023 percepat pelaku ekraf dan UMKM naik kelas

Juda mengapresiasi seluruh kementerian, lembaga, instansi, penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta seluruh pelaku UMKM yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung, sehingga KKI 2023 berjalan dengan baik.

Kegiatan KKI yang merupakan hasil sinergi erat antara Bank Indonesia bersama Kementerian/Lembaga, asosiasi, industri, aggregator dan potential buyer yang menampilkan 19 event yang terdiri dari seremoni pembukaan, selebrasi 1000 UMKM naik kelas, 3 Pagelaran Karya Kreatif (fashion show), Hall of Inspiration (HOI), 4 rangkaian business matching ekspor dan pembiayaan, 4 talk show, 3 event Pesona Kopi Nusantara, serta pameran produk UMKM offline dan online, creative makerspace, ruang interaksi bersinergi dengan Kementerian/Lembaga, dan ruang edukasi (Perlindungan Konsumen dan Cinta Bangga Rupiah).

Berbagai kegiatan yang dilakukan selama KKI 2023 telah diikuti oleh total 98.337 peserta. Pengunjung pada website KKI telah mencapai 39.208 orang dan pengunjung pameran KKI offline dari hari pertama hingga siang hari ini telah mencapai 11.832 pengunjung.

Baca juga: BI tampilkan 1.000 UMKM binaan di Karya Kreatif Indonesia 2023

“Hal ini menunjukkan bahwa meskipun di tengah gejolak perekonomian global yang berpengaruh pula pada kondisi ekonomi domestik, minat dan antusiasme masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk-produk UMKM nasional masih sangat tinggi. Hal ini juga mengindikasikan peran UMKM yang sangat penting untuk turut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ungkap Juda.

Seperti diketahui, Bank Indonesia (BI) menampilkan 1.000 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan yang telah naik kelas pada gelaran KKI 2023.

"KKI 2023 dengan tema 'Badarau Nusantara' menampilkan 1.000 UMKM yang telah berhasil naik kelas, go global, dan go digital," kata Gubernur BI Perry Warjiyo saat seremoni pembukaan KKI 2023 yang dipantau secara daring di Jakarta, Kamis (27/7).

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023