Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 4.500 orang anggota jemaat Gereja Katedral Jakarta diperkirakan akan mengikuti kebaktian Upacara Penghormatan Salib Jumat Agung pukul 15.00 WIB yang ditaksir menjadi puncaknya.

Waktu ini yang diperkirakan menjadi puncak kedatangan umat ini diyakini sebagian besar umat Katolik sebagai waktu wafatnya Yesus.

"Karena jemaat percaya kalau Yesus wafatnya pada jam segitu," kata Ketua Panitia Paskah 2013 Gereja Katedral Jakarta, Grace Tanus, Jumat.

Dalam masa Prapaskah 2013 ini tema yang diusung adalah "Makin Beriman, Makin Bersaudara, Makin Berbela Rasa". 

Ibadah Penghormatan Salib digelar pukul 12.00, 15.00, dan 18.00 WIB, sedangkan ibadah pukul 15.00 ini dipimpin oleh Romo Bratakartana, Romo Adi Susanto, dan Romo Markus Wanandi. 

Penghormatan Salib diawali upacara Pasio demi mengenang kisah sengsara Yesus dengan menyanyikan lagu-lagu yang dikutip dari Alkitab, dilanjutkan Doa Umat Meriah yang adalah ungkapan doa-doa dari masing-masing umat.

Puncaknya adalah penghormatan salib dengan mencium kaki Yesus. Proses ini dimulai dengan arak-arakan salib. Salib yang terbungkus selubung kain itu diarak sampai depan altar sembari kainnya dibuka satu persatu.

Kemudian umat mencium salib yang sudah disediakan gereja pada beberapa blok. 

Pewarta: Monalisa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013