"Imbauan lalu lintas ini ditujukan bagi orang tua maupun siswa agar turut mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas,"
Madiun (ANTARA) - Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Madiun Kota, Jatim melakukan sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas di kalangan siswa guna mengurangi kasus kecelakaan yang melibatkan anak.

"Imbauan lalu lintas ini ditujukan bagi orang tua maupun siswa agar turut mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas," ujar Kasatlantas Polres Madiun Kota AKP Nanang Cahyono, Senin.

Dalam sosialisasi tersebut, pihaknya memberikan imbauan kepada masyarakat supaya tetap aman selama dalam perjalanan dan berkendara.

"Pastikan juga kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK, serta keamanan kondisi kendaraan sebelum digunakan," katanya.

Kasatlantas juga mengajak masyarakat untuk senantiasa patuh menggunakan helm SNI saat mengendarai sepeda motor, baik bagi pengendara maupun penumpang. Serta, tidak berboncengan lebih dari satu orang.

Sesuai data, kasus kecelakaan melibatkan anak cukup banyak terjadi di Kota Madiun. Salah satunya, disebabkan oleh penggunaan kendaraan bermotor bagi anak .

"Untuk itu, jangan memberikan fasilitas kendaraan bermotor kepada putra-putri kita yang belum memiliki SIM," katanya.

Selain itu, disiplin berlalu lintas juga penting dilakukan sebagai upaya keselamatan berkendara. Seperti, mematuhi rambu-rambu dan marka jalan demi keselamatan diri maupun pengendara lainnya.

"Hormati hak pejalan kaki dan pengguna jalan yang lain, sopan santun dalam berkendara untuk kenyamanan bersama," katanya

Kasatlantas menambahkan, pihaknya juga mengimbau orang tua untuk memberikan fasilitas ramah lingkungan kepada anak, seperti sepeda. Atau, dapat memakai fasilitas transportasi bus sekolah yang telah disediakan oleh Pemkot Madiun.

"Mari utamakan dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan bersama," kata dia.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023