Di enam kelurahan, kami perkirakan tidak banjir lagi
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Mujiyono memprediksi hanya warga di enam kelurahan kawasan Duren Sawit, Jatinegara dan Kramat Jati yang akan merasakan manfaat Sodetan Ciliwung berupa tidak lagi mengalami banjir.

“Di enam kelurahan, kami perkirakan tidak banjir lagi,” kata Mujiyono saat dihubungi terkait dengan Peresmian Sodetan Ciliwung oleh Presiden Joko Widodo, di Jakarta, Senin.

Namun, Mujiyono enggan merinci, enam kelurahan yang dimaksud.

Ia juga tidak mempermasalahkan pihak siapa yang terlebih dahulu menginisiasi program itu lantaran yang terpenting mampu dengan cepat mengatasi permasalahan warga. 

“Kan harus berkesinambungan, yang baik diteruskan dan kurang baik diperbaiki,” ujarnya.

Baca juga: Menteri PUPR: Tak ada pembebasan lahan sodetan Ciliwung selama 5 tahun

Kendati demikian, pihaknya mengingatkan pemerintah untuk segera mengatasi permasalahan ganti rugi tanah maupun pembebasan lahan pada kawasan tersebut.

“Urusan tanah itu di Komisi A. Anggota dewan banyak terima aduan banyak sekali. Kita sampai bingung. Jadi, memang persoalan tanah itu menjadi penghambat,” katanya. 

Kurangi banjir
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan penyelesaian Sodetan Ciliwung setidaknya dapat mengurangi 62 persen masalah banjir di Ibu Kota DKI Jakarta.

"Dengan selesainya Sodetan Ciliwung, ini juga menyelesaikan banjir Jakarta, (ditambah) baik tapi yang Bendungan Ciawi-Sukamahi, Sodetan Ciliwung, normalisasi Ciliwung, Banjir Kanal Timur, itu bisa menyelesaikan baru kira-kira 62 persen dari persoalan banjir yang ada di Jakarta," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan hal tersebut dalam peresmian Sodetan Ciliwung di Inlet Sodetan Ciliwung Jatinegara, Jakarta Timur, yang juga dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, serta masyarakat sekitar sodetan.

Baca juga: Heru: Sodetan Ciliwung inisiasi Jokowi pada 2012 untuk atasi banjir

Dengan adanya Sodetan Ciliwung itu, Jokowi menyebutkan masih ada 38 persen masalah banjir di Ibu Kota yang harus diselesaikan Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023