Karena masyarakat Maluku, Ambon, ini sudah tersebar di berbagai daerah, wilayah dan juga berkiprah serta banyak berkontribusi bersama dan juga sama-sama menjaga Kamtibmas
Kota Bogor (ANTARA) - Wakil Wali Kota Bogor, Jawa Barat Dedie Abdul Rachim menyemangati generasi muda Maluku bisa mengambil peran lebih aktif lagi untuk kemajuan bangsa dan negara, dengan berkiprah di dalam maupun luar negeri  sehingga membawa kebanggaan bagi Indonesia, seperti sosok pahlawan nasional Kapitan Pattimura.

"Karena masyarakat Maluku, Ambon, ini sudah tersebar di berbagai daerah, wilayah dan juga berkiprah serta banyak berkontribusi bersama dan  juga sama-sama menjaga Kamtibmas," kata Dedie Rachiim di Kota Bogor, Senin.

Dedie Rachim menuturkan, bahwa dalam peringatan 206 tahun pahlawan nasional Pattimura yang telah dilaksanakan di GOR Pajajaran pada Minggu (30/7), masyarakat Maluku semoga mendapat motivasi tinggi untuk berperan lebih banyak lagi untuk negeri.

Baca juga: Ulama ingatkan NU-PKB harus berjalan beriringan majukan bangsa

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas kolaborasi, kerja sama dan sinergitas selama ini antara Pemkot Bogor dan tokoh-tokoh muda Maluku.

"Dan ini membuktikan bahwa Kota Bogor indeks toleransi semakin tinggi dan ini berkat kebersamaan antara warga Maluku dan warga Kota Bogor serta ormas lainnya saling kolaborasi dan bersinergi," ujarnya.

Dalam peringatan itu pula ada deklarasi antara para ormas dan organisasi serta tamu yang hadir.

"Ini sangat luar biasa ya, karena memang Bogor ini terbuka untuk semuanya dan saya harap juga pesan-pesan damai, pesan keberagaman dalam kebersamaan, pesan kebaikan dari Kota Bogor bersama masyarakat Maluku di Kota Bogor bisa terus digaungkan ke seluruh Indonesia," katanya.

Baca juga: Cak Imin: Sekber PKB-Gerindra untuk kerja politik majukan bangsa

Ketua  Maluku Satu Rasa Salam Sarane Bersatu ( M1R SSB) Kota Bogor, Faizal Abdul Hadji menyampaikan bahwa saat ini M1R  SSB sudah bisa berdikari sehingga teman-teman yang semula di lapangan kini sudah bisa menjadi wiraswasta dan sebagainya.

"Iya, Alhamdulillah atas capaian ini. Dan M1R SSB  siap bersinergi dengan pemerintah kota. Karena Alhamdulillah saat ini kita sudah terdaftar sebagai ormas di Kota Bogor dan siap menjalankan program pemerintah, menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat dan juga siap menjadi mitra untuk maju bersama," ujarnya.

Saat ini kata Faizal, M1R SSB memiliki beberapa bidang yang ada di dalam organisasi, seperti diantaranya UMKM dan juga pembinaan terhadap sumber daya manusia (SDM) yang terus dikembangkan.

Baca juga: Mensos Risma bangkitkan kesetiakawanan sosial guna majukan bangsa

 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023