Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen (Purn) Marciano Norman mengharapkan pengurus muda di KONI mampu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya untuk melanjutkan kepengurusan pada periode berikutnya.

Pengurus KONI Pusat periode 2023-2027 resmi dilantik oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Selasa.

"Harapan untuk pengurus yang baru ini, karena komposisinya sebagian adalah tenaga-tenaga olahraga muda, saya minta empat tahun ini mereka bekerja keras bersama-sama kami agar bisa menyerap ilmu sebanyak mungkin, bagaimana cara pembinaan olahraga yang terbaik," kata Ketua Umum KONI Marciano Norman.
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo (empat dari kanan) dan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen (Purn) Marciano Norman (empat dari kiri) bersama seluruh jajaran pengurus KONI Pusat saat dalam acara pelantikan pengurus KONI Pusat periode 2023-2027 di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Selasa. (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Marciano Norman juga berkomitmen membawa KONI untuk meningkatkan kualitas pembinaan olahraga prestasi dan meningkatkan prestasi dari para atlet yang mengikuti kejuaraan olahraga nasional maupun internasional.

"Komitmen saya beserta pengurus KONI saat ini adalah meningkatkan kualitas pembinaan olahraga prestasi. Sehingga pada saat atlet mengikuti kejuaraan multicabang internasional yang berjenjang, prestasi mereka juga semakin hari semakin meningkat," kata Marciano Norman.

Baca juga: Marciano Norman terpilih secara aklamasi menjadi Ketum KONI 2023-2027

KONI, lanjut dia, akan menjalankan program kompetisi berkualitas bagi atlet melalui program terobosan, Pekan Olahraga Bela Diri, Pekan Olahraga Pantai, Pekan Olahraga Indoor, dan Pekan Olahraga Remaja.

Di sisi lain, KONI Pusat juga telah berkontribusi untuk pengembangan sport science melalui kerja sama dengan Universitas Indonesia, UGM, dan universitas-universitas di Korea Selatan.

Kerja sama dengan Polri juga sudah dijalin terkait penyelenggaraan kegiatan olahraga dan juga ada beberapa kerja sama lainnya.

Catatan prestasi lainnya yang akan dilanjutkan adalah terkait sport industry. KONI Pusat telah melakukan langkah strategis dengan menggandeng lebih dari 1.000 UMKM lokal dalam Koperasi Indonesia Jaya Indonesia (KIOJI).

Baca juga: Menpora Dito tinjau ulang kontingen Indonesia di Asian Games 2022
Baca juga: Pemerintah rancang sistem satu pintu untuk izin giat seni dan olahraga

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023