Kepada pelajar maupun mahasiswa yang berminat dan memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa ini masih ada kesempatan mendaftar
Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu sebesar Rp600 juta.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Bambang Suryantoro di Batang, Selasa, mengatakan bahwa pendaftaran program beasiswa dimulai sejak 3 Juli 2023 dan akan ditutup 16 Agustus 2023.

"Kepada pelajar maupun mahasiswa yang berminat dan memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa ini masih ada kesempatan mendaftar. Penyaluran dana beasiswa akan dilakukan sekitar Oktober 2023," katanya.

Baca juga: 160 mahasiswa asal PNG terima beasiswa dari Indonesia

Menurut dia, pemberian beasiswa ini dikhususkan bagi pelajar berprestasi jenjang sekolah menengah atas (SMA)/sederajat dan calon mahasiswa atau mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.

Adapun kategori pelajar dan mahasiswa berprestasi ini, kata dia, bisa berupa prestasi akademik maupun nonakademik, baik di bidang agama, seni, olahraga, budaya, atau kegiatan di luar sekolah (ekstrakurikuler).

Baca juga: Pemkab Aceh Selatan alokasikan Rp2,5 miliar untuk beasiswa

Ia yang didampingi Kepala Sub Bagian Program Akhmad Fandi mengatakan bagi pelajar SMA/sederajat akan diberikan dengan sistem biaya tetap (fixed coast) sebesar Rp1 juta per siswa selama satu tahun.

Pada tahun ini, kata dia, pihaknya sudah menyediakan kuota untuk 200 pelajar tingkat SMA/sederajat.

"Kemudian, untuk mahasiswa dan calon mahasiswa akan menggunakan sistem biaya tidak langsung (proposal rate), dimana nantinya akan ada bantuan mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp7 juta per tahun yang disesuaikan dengan biaya kuliah masing-masing penerima," katanya.

Baca juga: Australia buka pendaftaran beasiswa bagi WNI untuk kembangkan IKN

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023