Jakarta (ANTARA) - Komunitas pecinta kubus rubik, Jakarta Speedcubing, bersama Warner Bros Indonesia membangun instalasi bertemakan film "Meg 2: The Trench" menggunakan kubus rubik yang menerima penghargaan rekor dari Asosiasi Rekor Indonesia (ARI) pada Selasa sebagai mosaik kubus rubik terbesar dengan bentuk iregular.

Instalasi yang dipajang di Plaza Senayan, Jakarta Pusat itu memiliki lebar 2,5 meter, panjang 5 meter, dan tinggi 3 meter serta dibuat dengan menggunakan 2.466 buah kubus rubik standar dan 780 buah kubus rubik kecil.

Instalasi mosaik kubus rubik “Meg 2: The Trench” ini didesain oleh Abel Brata, seorang seniman dan speedcuber yang pernah memecahkan beberapa rekor dunia RHR, rekor Indonesia versi MURI, dan World Cube Association.
 
Proses perancangan dan pembangunan instalasi tersebut memakan waktu sekitar satu bulan. Sementara proses penyusunan gambar mosaiknya dilakukan oleh para anggota komunitas Jakarta Speedcubing selama kurang lebih 22 jam.

Baca juga: Syuting sekuel "The Meg" sedang berlangsung di Inggris

"Proses pengerjaan mosaik ini paling lama di proses planning dan pembuatan frame-nya yang memakan waktu kurang lebih satu bulan. Untuk menyusun rubik-rubiknya sebenarnya ga terlalu lama cuman dua hari," kata Abel dalam acara seremonial penyerahan penghargaan dari ARI di Plaza Senayan.

Dia menambahkan seluruh proses pembuatan instalasi mosaik kubus rubik "Meg 2: The Trench" secara total melibatkan 30 orang.
 
Dalam acara seremonial itu, sebanyak 20 orang speedcuber dari Jakarta Speedcubing, termasuk Abel Brata, melakukan sentuhan akhir dengan menyusun 100 kubus rubik terakhir bersama-sama yang diselesaikan dalam waktu 9 menit 17 detik.
 
Perancang instalasi mosaik kubus rubik "Meg 2: The Trench", Abel Brata (kedua dari kiri), saat menerima penghargaan rekor dari Asosiasi Rekor Indonesia (ARI) di Plaza Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa (1/8). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)
 
Instalasi mosaik kubus rubik “Meg 2: The Trench” dapat dilihat di Plaza Senayan dari tanggal 29 Juli hingga 13 Agustus 2023. Instalasi itu bisa digunakan juga sebagai tempat berfoto oleh para pengunjung pusat perbelanjaan tersebut.

Instalasi mosaik kubus rubik itu dibangun dan dipajang dalam rangka menyambut penayangan perdana film "Meg 2: The Trench" pada 2 Agustus di seluruh bioskop Indonesia.

"Meg 2: The Trench" merupakan sekuel dari film blockbuster "The Meg" yang tayang tahun 2018 lalu. Film tersebut mengambil inspirasi dari Megalodon yaitu sosok hiu terbesar yang pernah ada dengan ukuran tiga kali lipat dari hiu putih besar saat ini.

Film yang disutradarai oleh Ben Wheatley dan dipersembahkan oleh Warner Bros Pictures bersama CMC Pictures itu dibintangi oleh deretan aktor kenamaan antara lain Jason Statham, Wu Jing, Sophia Cai, Page Kennedy, Sergio Peris-Mencheta, Skyler Samuels, dan Cliff Curtis.

Baca juga: Susun ribuan rubik karakter Ant-Man, Denny Darko raih rekor MURI

Baca juga: Kubus rubik ultah ke-40

Baca juga: KPPPA luncurkan "Rubik Unik Corona" edukasi anak soal pandemi COVID-19

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023