Alhamdulillah Pro Lenteraku diapresiasi pemerintah. Pro Lanteraku adalah inovasi daerah dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan di Kalimantan Utara
Tanjung Selor (ANTARA) - Inovasi Program Layanan Dokter Terbang Kalimantan Utara atau Pro Lanteraku yang digagas pemerintah provinsi  untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat pedalaman dan perbatasan, masuk Top 5 nominasi Outstanding Achievement of Public Service Innovation (OAPSI) 2023.

“Alhamdulillah Pro Lenteraku diapresiasi pemerintah. Pro Lanteraku adalah inovasi daerah dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan di Kalimantan Utara,” kata Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A Paliwang, di Tanjung Selor, Selasa.

OAPSI merupakan ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kementerian PAN-RB).

Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang mengatakan masuknya Pro Lenteraku pada Top 5 nominasi OAPSI menjadi suatu kebanggaan. “Tentu ini menjadi pendorong bagi kita semua untuk bekerja lebih produktif dan menghadirkan berbagai inovasi pelayanan untuk masyarakat,” ungkapnya.

Pro Lanteraku dilaksanakan dengan mengirim tenaga-tenaga kesehatan spesialis ke daerah-daerah pedalaman untuk melayani masyarakat.

Baca juga: Kaltara dapat penghargaan dari program "Dokter Terbang"

Masuknya Pro Lenteraku pada Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2023 diumumkan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa melalui kanal resmi Youtube, pada Senin (31/7).

Diah Natalisa mengatakan penilaian KIPP 2023 dilakukan secara independen oleh tim evaluasi dan tim panel independen tanpa intervensi dari pihak manapun.

“Finalis Top Inovasi 15 Kelompok Khusus melalui rangkaian seleksi penilaian dan observasi lapangan yang dilaksanakan selama lima bulan ini menghasilkan 5 Top OAPSI,” ungkapnya.

Adapun beberapa instansi yang masuk dalam Top 5 OAPSI meliputi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Proper Tingkatkan Ketaatan, Pacu Efisiensi, Dorong Inovasi Industri dan Berdayakan Masyarakat untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Kemudian Pemprov DKI Jakarta melalui CEK DAN SADARI (Cegah Kanker Serviks dengan Mobil Deteksi Kanker HIBISCUS dan Motor BUNGA INDAH) . Selanjutnya Pemprov Kaltara, Pro Lanteraku (Program Layanan Dokter Terbang Kalimantan Utara).

Kemudian Pemkab Bantul melalui Gelimasjiwo menuju SIMANTAP SEJAGAT (Sistem Manajemen Terpadu Kesehatan Jiwa Raga Masyarakat) dan Pemkab Grobogan, Rumah Kedelai Grobogan (RKG).

Baca juga: Kalimantan Utara lanjutkan program dokter terbang

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023