Tentunya harga yang kita tawarkan pun relatif lebih murah dibandingkan di tempat lain
Jakarta (ANTARA) - Penjual bendera Merah Putih dan pernak-pernik peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia mulai marak di kawasan Pasar Mester, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa.

Para pedagang menjual berbagai pernak-pernik HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dan bendera Merah Putih dengan beragam jenis dan
ukuran. Selain itu umbul-umbul, aksesoris, tiang bendera hingga baju.

Satu satu pedagang bendera, Rizal (48) mengatakan, sudah banyak warga yang membeli pernak-pernik dan bendera Merah Putih menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI.

"Meski baru awal Agustus, sudah banyak yang berbelanja, baik eceran maupun grosiran," ujarnya.

Harga yang ditawarkan pun disesuaikan dengan ukuran dan jenis bahannya. Semakin bagus dan berukuran besar, maka akan semakin mahal harganya.

"Harga bendera mulai dari Rp15.000 hingga Rp50.000 per buah. Begitu juga aksesoris mulai dari harga Rp15.000 hingga Rp 40.000," kata Rizal.

Baca juga: DKI gelar Half Marathon peringati HUT ke-78 Kemerdekaan RI
Baca juga: Pemenang lomba fotografi "Color of Jakarta" diundang ke Istana


Pedagang lainnya, Sofyan (39) menyebutkan, biasanya lonjakan jumlah pembeli mulai terjadi pada 5 Agustus hingga menjelang 17 Agustus.

Dia sudah menyiapkan stok  yang cukup banyak untuk melayani warga yang membutuhkan pernak-pernik untuk HUT Kemerdekaan RI tersebut.

Pembelinya bukan hanya dari perkantoran namun juga dari masyarakat biasa. "Tentunya harga yang kita tawarkan pun relatif lebih murah dibandingkan di tempat lain," katanya.

Salah satu pembeli, Emi (60) mengaku sering datang ke Pasar Mester untuk membeli pernak-pernik menjelang HUT RI.

"Setiap tahun saya datang ke Mester untuk membeli bendera, lampion, umbul-umbul dan balon untuk persiapan lomba," katanya.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023