Jakarta (ANTARA) - Ajang KX-1 Kickboxing Championships series sembilan bakal memperebutkan dua sabuk juara nasional di ajang berformat four men tournament dengan dua kelas yaitu kelas 48 Kg dan 57 Kg.

“Ajang ini menyambut HUT ke-78 Republik Indonesia dan ada dua sabuk juara nasional yang diperebutkan. Bisa dipastikan persaingan sangat menarik dan kami mengemas ajang ini lebih istimewa dari sebelumnya,” kata promotor Abdul Rahman saat dalam konferensi pers di kawasan New Kaliber KickBoxing Center, Tambora, Jakarta Barat, Selasa.

Ajang KX-1 Kickboxing Championships series sembilan akan digelar di Lapangan Garuda, Bantarkawung, Brebes, Jawa Tengah pada 19 Agustus mendatang.

Abdul Rohman mengatakan bahwa atlet yang bertanding merupakan hasil seleksi dari beberapa edisi sebelumnya. Lalu setelah melalui babak kualifikasi didapatkan delapan petarung yang siap memperebutkan sabuk juara nasional KX-1.

Acara ini mendapat dukungan penuh dari Asosiasi Seni Kombat Profesional (Kombat Pro), dan Internasional Sports Kickboxing Association (ISKA).

Presiden ISKA Mustadi Anetta mengatakan ajang ini merupakan satu pembibitan dari provinsi masing-masing yang diharapkannya mampu melahirkan atlet yang siap bersaing di kancah internasional.

“Ajang ini merupakan pembibitan yang dilakukan di provinsi masing-masing. Saya berharap dari sini lahir petarung yang siap untuk bersaing di kancah internasional baik level Asia maupun intercontinental,” kata Presiden ISKA Mustadi Anetta.

Selain membawa pulang sabuk juara, KX-1 Kickboxing series sembilan juga akan memperebutkan total hadiah senilai Rp 100 juta yang termasuk di dalamnya dua buah sepeda motor.

Pertarungan KX-1 KickBoxing Championship series 9 dari kelas 48 kg pertandingan akan mempertemukan Andika Nainggolan melawan M Rizki Nurohman.

Tidak kalah seru di kelas 48 kg juga mempertemukan Ucu Rohendi menghadapi Alin Anggrianto.

Adapun untuk kelas 57 kg mempertemukan Badal Muhammad menghadapi Boygo T Simanulang, serta Burdan melawan M Kamil Bagastrianto.

Selain mempertemukan petarung nasional, ajang ini juga mengadakan exhibisi Internasional antara petarung dari Yunani Nicolae Marcel melawan wakil Indonesia Jeremy Matthew.

Baca juga: PP KBI genjot persiapan demi kesuksesan debut kick boxing di PON 2024
Baca juga: Manajer ungkap tim nasional kick boxing Indonesia telah lampaui target

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023