Jakarta (ANTARA) - Tim kickboxing DKI Jakarta ingin menjalani pemusatan latihan (TC) di Belanda untuk persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Sebelumnya, tim kickboxing DKI Jakarta membuat kejutan di ajang Indonesia Martial Art Games (IMAG) 2023 yang digelar di Hotel Green Forest, Bogor, 22-25 Oktober. Bermain di zona satu, DKI Jakarta sukses merebut 19 dari 20 medali emas yang diperebutkan pada IMAG yang juga menjadi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

“Saya ingin KONI DKI Jakarta memberikan dukungan rencana tim kickboxing merekrut pelatih asing dan mewujudkan keinginan menjalani TC dan uji coba di Belanda. Karena saya ingin mereka bisa menguasai style kickboxing Eropa. Kombinasi style Asia dan Eropa itu akan membuat mereka memiliki kelebihan saat tampil di atas ring,” kata Ketua Pengprov Kick Boxing Indonesia (KBI) DKI Jakarta Yoko Arthi Budiman dikutip dari keterangan resmi, Kamis.

Dengan hasil di IMAG 2023, DKI Jakarta akan tampil dengan kekuatan penuh pada PON 2024 yang akan memperebutkan 20 medali emas tersebut. Atlet kickboxing putri DKI Jakarta Diandra Ariesta Pieter yang meraih emas di SEA Games 2023 Kamboja langsung mendapat tiket tampil di PON 2024 Aceh-Sumut.

Menurut Yoko, kesuksesan tim kickboxing DKI Jakartà itu bukan hanya menunjukkan terjadinya perkembangan prestasi yang signifikan dari hasil pembinaan yang dilakukan Pengprov KBI DKI Jakarta tetapi juga membuka peluang untuk memenuhi target dua medali emas sekaligus memperbesar perolehan medali emas pada PON 2024 Aceh-Sumut.

“Kami bersyukur bisa merebut 19 medali emas sekaligus juara umum di zona 1. Tetapi, kesuksesan itu tidak bisa dijadikan patokan karena atlet kickboxing DKI Jakarta akan menghadapi para jawara IMAG 2023 di zona 2, 3, dan 4 di PON 2024 Aceh-Sumut,” jelas Yoko.

Baca juga: Sumbar juara umum kempo pada IMAG 2023

Pelatih Tim Kickboxing DKI Jakarta Marlaut Farhan Hutapea mengatakan 19 medali emas yang diraih DKI Jakarta di IMAG 2023 merupakan buah dari persiapan pelatihan daerah selama enam bulan.

"Ini merupakan hasil dari persiapan pelatda selama enam bulan dan juga bukti bahwa pembinaan olahraga kickboxing di Jakarta berjalan dengan baik. Makanya, kita akan berupaya mempertahankannya dengan terus melakukan persiapan menuju PON 2024 Aceh-Sumut, " kata Farhan.

Farhan juga sepakat dengan usulan Yoko yang menginginkan tim kickboxing DKI Jakarta menjalani TC dan uji coba di Belanda.

"Saya yakin dengan menjalani TC dan uji coba di Belanda akan meningkatkan kualitas atlet kickboxing DKI Jakarta karena Belanda banyak mencetak atlet kickboxing dunia. Apalagi, kita ingin menjadikan kickboxing sebagai salah satu cabang olahraga tambang medali emas dalam upaya mewujudkan tekad DKI Jakarta menjadi juara umum pada PON 2024 Aceh-Sumut," tegas Farhan.

Pada IMAG 2023 cabang olahraga kickboxing diikuti 330 atlet dari 32 Pengprov KBI. Mereka dibagi dalam empat zona yang masing-masing diisi delapan Pengprov KBI.

Hasilnya, DKI Jakarta merebut 19 emas (Zona 1), Jawa Timur meraih 10 emas, tiga perak, dan dua perunggu (Zona 2), Jawa Barat meraih 16 emas, satu perak, dan tiga perunggu (Zona 3), dan Jawa Tengah meraih sembilan emas, lima perak, dan empat perunggu (Zona 4).

Dari hasil IMAG ini, sebanyak 88 atlet dipastikan lolos untuk tampil memperebutkan 20 medali emas di PON 2024 Aceh-Sumut.

“Kualitas pertandingan kickboxing di IMAG 2023 cukup bagus dan memunculkan atlet-atlet berkualitas. Makanya, saya memastikan akan terjadi persaingan ketat pada cabang olahraga kickboxing yang pertama kali dipertandingkan secara resmi di PON 2024 Aceh-Sumut,” kata Supervisi IMAG 2023 cabang olahraga kickboxing Setia Wijaya.

Baca juga: DKI Jakarta jadi juara umum kickboxing pada ajang IMAG 2023
Baca juga: PB WI berharap akan ada gelaran IMAG edisi kedua untuk bina atlet

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023