Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengapresiasi peningkatan performa para atlet Kickboxing dalam Indonesian Martial Arts Games (IMAG) 2023 sehingga menginspirasi dan membawa semangat baru dalam dunia olahraga bela diri.

“Kita lihat atlet-atlet daerah yang turun dan saya mengamati atlet-atlet Kickboxing Indonesia sudah sangat maju dibandingkan beberapa tahun yang lalu pada saat saya melihat mereka,” kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman dalam keterangan resmi KONI Pusat yang dilansir Rabu.

Marciano Norman yang hadir langsung menyaksikan pertandingan mengatakan, dalam kejuaraan yang bergengsi itu, para atlet Kickboxing telah membuktikan dedikasi dan kerja keras mereka, membangkitkan harapan akan masa depan yang lebih gemilang dalam cabang olahraga bela diri tersebut di Indonesia.

“Dengan kemajuan ini besar harapan saya nantinya pada keikutsertaanya di SEA Games, atlet-atlet kita bisa memenangkan medali lebih banyak daripada sebelumnya,” tambah Ketum KONI Pusat.

Sebanyak 368 atlet dari 32 provinsi berlaga pada 20 nomor pertandingan Kickboxing Indonesia Martial Art Games (IMAG) 2023 yang diselenggarakan di Hotel Green Forest Kota Bogor sejak tanggal 22-25 Oktober 2023.

Marciano juga mengaku bangga karena melihat animo penonton Kickboxing begitu tinggi. Hal tersebut menjadi bukti bahwa anak-anak muda Indonesia menyukai Kickboxing.

“Kickboxing ini menjadi cabang olahraga yang diminati oleh banyak anak-anak muda. Cabang olahraga Kickboxing yang hari ini kita saksikan betapa meriah dan betapa semangatnya atlet-atlet daerah ini mengikuti event ini,” kata Ketum KONI Pusat.

Adapun rangkaian pertandingan Kickboxing juga merupakan babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024.

“Harapan saya dalam PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara ini, Kickboxing dapat mengantar atlet-atlet yang memang lolos babak kualifikasi. Mereka, atlet-atlet juara PON, nantinya kita siapkan mewakili Indonesia yang multievent dan event – event berikutnya.,” lanjutnya.

Pengurus Pusat (PP) Kick Boxing Indonesia (PP KBI) Ngatino menyampaikan apresiasi kepada KONI Pusat yang telah menggelar terobosan khusus kejuaraan olahraga bela diri.

Ia berharap kejuaraan olahraga bela diri tersebut dapat terus berlanjut sehingga dapat menciptakan atlet-atlet unggul di cabang olahraga Kickboxing.

“Ini luar biasa dan semua tertib. Walaupun mungkin ada kekurangan, tapi semua memahami itu, sehingga berjalan lancar sampai hari ketiga, harapan kami besok final juga tidak terjadi apa-apa," sambung Ngatino.

Di puncak rangkaian pertandingan Kickboxing, provinsi dengan medali emas terbanyak berhak atas Piala Bergilir Airlangga Hartarto yang mana merupakan Ketua Dewan Pembina PP KBI.


Baca juga: Atlet Kickboxing Alin Anggrianto yakin potensi atlet muda berkembang
Baca juga: Atlet kick boxing Kamil Bagastrianto targetkan ke ajang internasional
Baca juga: Hapkido: IMAG 2023 momentum bagi atlet junior tingkatkan prestasi
Baca juga: Sebanyak 223 kenshi berlomba dalam Shorinji Kempo IMAG 2023


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023