acara yang luar biasa ini telah menampilkan semangat persatuan disiplin dalam warisan seni bela diri Indonesia yang kaya
Bogor (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyebut ajang Indonesia Martial Art Games (IMAG) 2023 menampilkan warisan budaya bela diri Indonesia.

Ajang IMAG 2023 merupakan ajang Pekan Bela Diri Nasional Indonesia yang digelar di Kota Bekasi dan Kota Bogor selama 22-31 Oktober 2023.

"Kita berkumpul untuk menutup Indonesia Martial Art Games atau disebut IMAG yang kesatu pada tahun 2023, yang kami rasa ini dipenuhi rasa bangga dengan pencapaian acara yang luar biasa ini telah menampilkan semangat persatuan disiplin dalam warisan seni bela diri Indonesia yang kaya," kata Menpora Dito dalam penutupan IMAG 2023 di Balai Kota Bogor, Selasa.

Menpora Dito mengungkapkan ajang IMAG 2023 bukan hanya sekedar ajang kompetisi bela diri yang sengit, namun juga menjadi perayaan atas nilai-nilai yang ditanamkan oleh seni bela diri yang menjunjung nilai sportivitas.

Baca juga: Menpora Dito apresiasi inovasi KONI gelar IMAG 2023

"Pertandingan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi yang sengit, namun juga menjadi perayaan atas nilai yang ditanamkan oleh seni bela diri dan kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet, pelatih, ofisial, dan relawan yang telah bekerja tanpa lelah untuk menyukseskan IMAG 2023," ungkap Menpora Dito.

Nantinya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat selaku penyelenggara IMAG akan menjadikan ajang tersebut sebagai agenda rutin yang dilakukan setiap dua tahun sekali.

Pada pagelaran edisi pertama, IMAG 2023 diikuti sebanyak sembilan cabang olahraga bela diri yang terdiri dari anggar, shorinji kempo, ju-jitsu, hapkido, sambo, gulat, wushu, kickboxing, serta taekwondo.

"Atlet-atlet yang ikut dalam Indonesia Martial Art Game ini juga banyak dari yang berusia muda, yang nanti akan turun mewakili daerahnya pada Pekan Olahraga Nasional XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara. Sehingga jenjang dari kompetisi yang mereka ikuti, kejuaraan-kejuaraan yang mereka ikuti ini nanti betul-betul ke depan makin tertata lagi sehingga Indonesia (berpeluang besar) mampu mencetak juara di ajang multinasional ke depannya," kata Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.

Pada IMAG 2023 Provinsi Jawa Barat keluar sebagai juara umum. Lalu diperingkat kedua diduduki Provinsi DKI Jakarta, dan peringkat ketiga diraih Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Jawa Barat dominasi medali nomor newaza system jiu-jitsu IMAG 2023
Baca juga: Tim kickboxing Jakarta ingin jalani TC di Belanda untuk persiapan PON

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023