Jakarta (ANTARA) - Regulasi tanpa pendukung tim tandang pada BRI Liga 1 musim 2023/2024, terbukti tidak mengurangi euforia para penggemar untuk mendukung tim kesayangannya.

Awalnya sempat terdapat keraguan bahwa hal itu akan membuat kompetisi menjadi hambar, namun yang justru kerap terjadi kubu-kubu penggemar yang berseteru malah memperlihatkan nuansa persahabatan.

Seperti yang terjadi pada pekan kelima Liga 1 yang mempertemukan Persija Jakarta menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (31/7). Para penggemar Persija, Jakmania, membentangkan koreografi unik yang menampilkan gambar tokoh anime Son Goku di salah satu tribun, dan gambar Son Goten di tribun seberangnya.

Dari koreografi tersebut, tersirat pesan bahwa rivalitas di antara kedua penggemar klub hanya berlangsung selama 90 menit. Selebihnya, baik Jakmania maupun penggemar Persebaya sepakat menyerukan perdamaian.

Baca juga: Gol semata wayang Ryo Matsumura antar Persija tundukkan Persebaya

Kubu Jakmania yang sempat terlibat perseteruan panjang dengan penggemar Persebaya, sejak sebelum pertandingan berlangsung telah menyuarakan pesan positif.

"Percayalah, pada akhirnya kita akan kembali bertemu pada satu tribun untuk bersilaturahmi, menikmati pertandingan, dan mendukung masing-masing klub kebanggaan kita. Untuk saat ini, memang keadaan lah yang harus menunda pertemuan kita," demikian cuplikan pernyataan resmi Jakmania.

Meski tidak dapat hadir ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, hubungan para penggemar Persebaya dengan Jakmania dipastikan tetap harmonis dan rukun. Larangan kedatangan penggemar tim tamu sama sekali tidak menyurutkan semangat perdamaian antarpenggemar.

Selain itu, regulasi baru perihal larangan kedatangan penggemar tim tamu sama sekali tidak menyurutkan euforia pertandingan. Penonton pada pertandingan yang dimenangi Persija dengan skor 1-0 tersebut, memecahkan rekor penonton terbanyak sejauh #BRIPalingBola Liga 1 2023/204, yakni sebanyak 55.103 orang. Hal ini jelas sesuai dengan tagline kompetisi yakni #BolaPemersatuBangsa.

Semangat transformasi dan perubahan sepak bola nasional menuju ke arah yang lebih baik, selaras dengan nilai dari PT BRI sebagai sponsor utama. Sebelumnya, Direktur Utama Sunarso mengatakan bahwa dukungan yang diberikan BRI sejalan dengan keinginan perusahaannya untuk menjadi bagian dari transformasi sepak bola Indonesia.

"BRI siap menjadi bagian dalam transformasi tersebut dan mewujudkan sejarah membawa sepak bola Indonesia bersinar di pentas dunia," pungkas Sunarso.

Baca juga: BRI ungkap potensi perputaran ekonomi BRI Liga 1 capai Rp9 triliun
Baca juga: Liga 1 Menggerakkan Ekonomi Rp9 Triliun, Sponsor Utama Kembali Dipegang BRI

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023