Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut menara Masjid Agung di samping kantor Gubernur Sumut bakal menjadi bangunan tertinggi pertama di Kota Medan dengan ketinggian 125 meter.

"Alhamdulillah, sebentar lagi izin bangunan menara Masjid Agung kami keluarkan. Kemarin belum bisa karena terkait izin ketinggian," ucap Bobby di Medan, Sumut, Rabu.

Baca juga: Ribuan warga shalat Idul Fitri di Masjid Agung Sumut

Hal ini, kata dia, menyusul telah ditariknya kawasan keselamatan operasi penerbangan (KKOP) di area Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo Medan.

Lanud Soewondo Medan di lahan bekas Bandara Internasional Polonia merupakan kawasan penerbangan radius 15 kilometer tidak boleh ada bangunan tinggi atau maksimal 50 meter.

Baca juga: Tifatul Sembiring iktikaf di Masjid Agung Medan

Tidak hanya menara Masjid Agung, tetapi para pengembang maupun pelaku usaha di bidang properti di Kota Medan sudah bisa mendirikan bangunan dengan ketinggian di atas 50 meter.

"Kemarin saya minta sekda dan Dinas Perkim, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan cepat keluarkan izin itu, karena ini sudah ditunggu-tunggu dan diproses," kata Bobby.

Baca juga: Masjid Agung Medan bakal gelar Shalat Id dengan protokol kesehatan

Wali kota juga meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Kota Medan agar pembangunan menara masjid setinggi 125 meter itu dapat segera direalisasikan.

"Setelah izinnya kita keluarkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat, fisik pembangunan menara Masjid Agung segera dilakukan oleh panitia pembangunan," tuturnya.

Baca juga: Pengurus Masjid Agung Medan tiadakan penyembelihan hewan kurban

Pembangunan Masjid Agung di Jalan Diponegoro Medan dimulai pada 15 Januari 2016 dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan Masjid Agung yang menjadi ikon Sumatera Utara ini sebesar Rp450 miliar.

"Sebab, pembangunannya sudah lama ditunggu-tunggu," kata Wali Kota Medan.

Baca juga: Menag resmikan awal pengembangan Masjid Agung Medan
Baca juga: Menag dijadwalkan letakkan batu pertama Masjid Agung Medan

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023