Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) Arsjad Rasjid menyemangati kontingen Indonesia yang tengah berlaga pada ajang Hyundai World Archery Championships (WAC) di Berlin, Jerman.

Arsjad mendatangi para atlet, pelatih, dan ofisial yang sedang berlaga yang mulai beranjak ke fase eliminasi ajang yang berlangsung pada 31 Juli-6 Agustus itu.

Misi kontingen Indonesia di Berlin adalah mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024, yang pada ajang tersebut diperebutkan bagi atlet peraih medali, dari podium pertama hingga ketiga.

"Saya berpesan kepada para atlet agar bertanding sebaik dan semaksimal mungkin. Tiket medali Olimpiade Paris 2024 adalah hasil dari sebuah proses terbaik, mulai dari masa persiapan hingga pada turnamen WAC ini," ujar Arsjad, seperti disiarkan dalam laman resmi Perpani, Rabu.

Baca juga: Tim putri Indonesia kalahkan Korsel di kejuaraan dunia panahan Berlin

"Karena itu, saya meminta kepada para atlet untuk fokus pada proses, pada setiap fase untuk menghasilkan tembakan yang sempurna. Kita berdoa juga, syukur Alhamdulilah, apabila diberi berkat hadiah tiket Olimpiade Paris 2024 di turnamen ini."

Arsjad berpesan kepada para pelatih dan ofisial agar membantu semaksimal mungkin para atlet yang berlaga di ajang tersebut.

Dia mengatakan para atlet adalah ujung tombak prestasi panahan Indonesia, yang akan semakin terasah tajam apabila memperoleh pendampingan yang dapat memaksimalkan potensi tersebut.

"Kalau ada yang kurang, yang butuh segera untuk dipenuhi, segera kita berkoordinasi untuk bisa melapangkan jalan menuju prestasi terbaik. Kita bantu para atlet untuk mempersembahkan kado terbaik untuk ulang tahun ke-78 Kemerdekaan Indonesia," ujar Arsjad.

Baca juga: Diananda Choirunisa ungkap persiapan Kejuaraan Dunia dan Olimpiade

PB Perpani mengirim atlet recurve masing-masing tiga putra dan putri. Dari sektor putra ada Riau Ega Agatha Salsabila, Alviyanto Bagas Prastyadi, dan Arif Dwi Pangestu.

Untuk atlet putri yang mengikuti Kejuaraan Dunia 2023 adalah Nisa, Alpriani Eka Setiowati, dan Anindya Nayla Putri. Mereka berada di Berlin didampingi tiga pelatih yakni Hendra Setijawan, Denny, dan Park Young Geol asal Korea Selatan.

Selain di Kejuaraan Dunia Panahan 2023, kesempatan juga dapat diperoleh dari ajang lain yang menjadi bagian dari kualifikasi Olimpiade 2024 yakni di Asian Games 2023 Hangzhou, China pada 23 September-8 Oktober dan Kejuaraan Asia Panahan 2023 di Bangkok, Thailand pada 3-10 November.

Baca juga: Enam pemanah Indonesia buru tiket Olimpiade Paris di Kejuaraan Dunia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023