Jakarta (ANTARA) - Aktivis Pengurangan Bahaya Merokok dari Inggris yang merupakan panelis diskusi Global Forum Nicotine 2023 (GFN23) di Polandia, Clive Bates, mengatakan penelitian yang masif mengenai produk tembakau alternatif sangat diperlukan untuk keterbukaan informasi yang akurat.

Menurut dia hal ini diperlukan untuk mengetahui profil risiko dari produk tersebut, sehingga para perokok dewasa yang ingin beralih ke produk yang lebih baik dapat mengambil keputusan yang tepat untuk diri mereka.

“Sejumlah kajian ilmiah menunjukkan bahwa beralih ke produk tembakau alternatif memiliki risiko yang lebih kecil daripada rokok. Penyebaran informasi yang salah dan menolak segala jenis produk tembakau alternatif dapat menghambat pengurangan bahaya merokok," kata Clive dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Salah satu bukti efektivitas rokok elektrik dalam membantu perokok dewasa beralih dari kebiasaan merokok juga diungkapkan dalam laporan Cochrane Review yang dipublikasikan Universitas Oxford, Inggris, pada November 2022.

Laporan tersebut merangkum hasil riset di Amerika Serikat (34 studi), Inggris (16 studi), dan Italia (8 studi).

Baca juga: Swedia dukung inovasi produk tembakau alternatif

Hasil dari laporan tersebut menunjukkan bahwa perokok berpotensi besar untuk beralih dari kebiasaannya setelah menggunakan rokok elektrik selama enam bulan, dibandingkan menggunakan terapi pengganti nikotin.

“Hasil laporan Cochrane Review menunjukkan bukti kuat bahwa rokok elektrik dapat membantu perokok dewasa untuk beralih dari merokok, terdapat penurunan yang signifikan pada biomarker paparan dan bahaya,” jelas Jasjit Ahluwalia, Ilmuwan Kesehatan Masyarakat di Brown University, Amerika Serikat, yang juga menjadi panelis diskusi GFN23.

Menurut Jasjit, setiap perokok dewasa punya pilihan untuk beralih dari kebiasaan merokok. Salah satunya ke produk yang lebih rendah risiko.

Adanya produk tembakau alternatif yang menerapkan konsep pengurangan bahaya sudah berdasarkan ilmu pengetahuan atau sains modern.

Baca juga: Sejumlah fakta mengenai produk tembakau alternatif

Pada kesempatan berbeda, peneliti dan dosen Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran Neily Zakiyah juga mengatakan bahwa penyebarluasan informasi tentang profil risiko dari produk tembakau alternatif sebaiknya berbasis fakta dan kajian ilmiah.

Menurut Neily hal ini penting agar masyarakat mendapat informasi yang komprehensif dan akurat.

“Kajian ilmiah yang komprehensif dapat memberikan informasi dan bukti mengenai profil risiko dan juga potensi produk tembakau alternatif. Penelitian-penelitian yang dilakukan juga diharapkan dapat mencegah individu yang bukan merupakan perokok, agar tidak mencoba produk tembakau alternatif,” kata dia.

Agar penelitian produk tembakau alternatif di dalam negeri dapat diperbanyak dan segera diimplementasikan, Neily menekankan pentingnya kerja sama antar seluruh pemangku kepentingan.

"Kolaborasi multidisiplin dengan konsep pentahelix yang melibatkan semua sektor, termasuk media massa dan komunitas, juga perlu diupayakan," ujar Neily.

Baca juga: Akademisi: Perlu kajian multidisiplin untuk produk tembakau alternatif

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023