Jakarta (ANTARA) — Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo mengatakan bahwa Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merupakan garda terdepan bagi generasi z sebagai pengamal nilai-nilai Pancasila.

“Individu-individu yang terpilih hendaknya dapat terus  berperan aktif menjadi contoh nyata pengaktualisasian nyata Nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari khususnya dalam era media sosial dan digital seperti sekarang ini,” ujar Benny di acara Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka nasional tahun 2023 di Depok, Jawa Barat, Senin.

Benny melanjutkan, para pemuda Indonesia yang terpilih sebagai Paskibraka harus dapat menjadikan Pancasila sebagai habituasi dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Calon anggota Paskibraka untuk senantiasa tidak hanya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila tetapi juga dengan nyata melakukannya dalam kehidupan sehari hari sehingga kaum muda Indonesia yang melihat para role model mereka bertindak dapat juga mengerti dan melaksanakan,” tambahnya. 

Benny menutup penjelasannya dalam acara yang dihadiri oleh Para Calon anggota Paskibraka tingkat nasional sebanyak 68 orang yang merupakan perwakilan dari 34 Provinsi di Indonesia tersebut dengan menyatakan bahwa para Calon paskibra harus memiliki kemampuan literasi digital agar mereka mampu membedakan mana berita yang benar dan yang salah. 

“Sehingga Calon Anggota Paskibraka dapat merawat kemajemukan bangsa yang terdiri 714 suku melalui literasi kebangsaan,” pungkasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023