Medan (ANTARA) - Sat Samapta Polres Asahan melaksanakan Patroli Presisi untuk mencegah aksi kriminal dan kejahatan yang meresahkan masyarakat dan pengguna jalan yang melintas di jalan raya Penumangan-Panaragan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

"Patroli itu juga untuk mendekatkan diri dengan masyarakat serta untuk memperoleh informasi dari warga tentang situasi kamtibmas," kata Kasat Samapta Polres Asahan AKP Supriyadi, dalam keterangan, Rabu.

Kegiatan patroli dilakukan oleh personel piket Polres Asahan, Aiptu JDM Sihotang, Brigadir Dhiky F Nasution, Bripda Faisal Siagian, dan Bripda Andi P Zendrato.

Baca juga: Polres Garut sita ratusan botol minuman keras yang dijual di jalanan

Supriyadi menyebutkan patroli ini juga merupakan kegiatan pencegahan dan antisipasi dengan sasaran premanisme, senjata api dan senjata tajam sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya tindak pidana 3C (curat, curas dan curanmor).

"Dalam pelaksanaan Patroli Presisi personel juga melaksanakan kegiatan pengawalan bagi pengguna jalan yang memerlukan bantuan pengawalan," ucapnya.

Baca juga: Polres Mamuju Tengah perketat pengamanan kawasan pemukiman warga

Sebelumnya, Satuan Samapta Polres Asahan menggelar patroli dan pengamanan terhadap kantor-kantor bank di Kisaran, Sumatera Utara. Patroli dan pengamanan dilaksanakan oleh petugas dengan melibatkan sejumlah anggota personel Sat Samapta Polres Asahan.

"Patroli dan pengamanan obyek vital perbankan merupakan implikasi dari tugas-tugas Polri sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat," kata Supriyadi, dalam keterangan, Kamis (27/07).

Baca juga: Anggota Polri Makassar coba bunuh diri dalam perawatan

Ia menyebutkan pengamanan ini guna terciptanya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melakukan transaksi di perbankan dan anjungan tunai di wilayah Kota Kisaran dan sekitarnya.

Pengamanan yang dilakukan Kantor Perbankan adalah salah satu pelayanan Personel Pam Obvit Sat Samapta Polres Asahan dalam rangka menjaga kamtibmas dan meminimalisir terjadinya tindak kejahatan di lingkungan perbankan.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023