Eropa tampak bersiap untuk pembukaan yang lesu, dengan EUROSTOXX 50 berjangka 0,1 persen lebih rendah dan FTSE berjangka naik 0,2 persen. Bank Sentral Inggris diperkirakan akan menaikkan suku bunga di kemudian hari.
Sydney (ANTARA) - Saham Asia tersandung pada Kamis, karena imbal hasil obligasi AS mencapai puncak sembilan bulan dan mendorong dolar lebih tinggi, sementara investor menunggu dengan cemas untuk melihat apakah hasil dari Apple dan Amazon membenarkan valuasi setinggi langit sektor teknologi.

Eropa tampak bersiap untuk pembukaan yang lesu, dengan EUROSTOXX 50 berjangka 0,1 persen lebih rendah dan FTSE berjangka naik 0,2 persen. Bank Sentral Inggris diperkirakan akan menaikkan suku bunga di kemudian hari.

Indeks berjangka S&P 500 dan berjangka Nasdaq datar, menyusul gelombang penjualan di Wall Street semalam karena investor mengambil untung di tengah kenaikan lima bulan sehari setelah lembaga pemeringkat Fitch memangkas peringkat kredit pemerintah AS.

Baca juga: Saham Asia melemah setelah aksi jual Wall Street, dolar melambung

Di Asia, indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik di luar Jepang tergelincir 0,20 persen, setelah turun tajam 2,3 persen sehari sebelumnya. Itu dibandingkan dengan kenaikan bulanan 5,4 persen pada Juli.

Indeks Nikkei Jepang berakhir turun 1,68 persen, membawa kerugiannya sejauh ini pada Agustus menjadi 2,7 persen, mengembalikan sebagian dari lonjakan 7,5 persen yang terlihat sebulan sebelumnya.

Imbal hasil obligasi pemerintah Jepang (JGB) bertenor 10-tahun secara singkat naik menjadi 0,6550 persen pada Kamis, tertinggi sejak April 2014, mendorong Bank Sentral Jepang untuk intervensi dan melakukan pembelian obligasi guna menghentikan kenaikan imbal hasil lebih lanjut, yang terakhir di 0,645 persen.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS jangka panjang terus meningkat pada Kamis, setelah data ketenagakerjaan swasta yang lebih kuat dari perkiraan dan pengembalian dana utang pemerintah AS yang jatuh tempo diumumkan.

Imbal hasil 10-tahun AS mencapai puncak baru sembilan bulan sebesar 4,1344 persen sementara imbal hasil 30-tahun naik 8 basis poin menjadi 4,2435 persen, juga merupakan puncak baru sembilan bulan.

Baca juga: Dolar menguat, ketahanan ekonomi AS kalahkan ketidakpastian fiskal

Lonjakan imbal hasil baru-baru ini telah membatasi selera risiko, dengan Nasdaq dan S&P 500 semalam membukukan penurunan terbesar mereka masing-masing sejak Februari dan April, setelah Juli yang terik didorong oleh pendapatan yang lebih baik dari perkiraan dan harapan soft landing untuk ekonomi AS.

"Saya rasa meskipun Anda dapat berargumen bahwa penurunan peringkat Fitch sudah ketinggalan zaman ... Saya pikir Anda telah melihat cukup banyak pergerakan untuk beberapa hal untuk dibakar dan beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada level tertinggi ini," kata Matt Simpson, seorang analis pasar di City Index di Brisbane.

"Saya rasa yang terbaik Anda mungkin bisa melihat beberapa perdagangan berombak di sekitar level tertinggi ini atau paling buruk kita bisa mengalami sedikit kemunduran yang lebih dalam."

Indeks saham-saham unggulan China CSI 300 ditutup naik 0,88 persen, sementara indeks Hang Seng Hong Kong berakhir turun 0,21 persen, setelah survei swasta menunjukkan aktivitas jasa-jasa China berkembang lebih cepat pada Juli, berita baik yang langka bagi ekonomi yang tergagap-gagap meskipun kontras dengan penurunan dalam survei resmi.

Baca juga: Saham China dibuka tergelincir, indeks Shanghai merosot 0,22 persen

Analis di Morgan Stanley menurunkan peringkat saham China ke bobot yang sama, mengingat revisi pendapatan yang masih negatif dan pengembalian ekuitas dan margin keuntungan yang lemah.

"Kami percaya peluang masuk kembali yang lebih baik bisa terjadi, tetapi lebih banyak kesabaran lebih disukai saat ini," kata mereka dalam sebuah catatan pada Kamis.

Di kemudian hari, Apple diperkirakan akan melaporkan penurunan pendapatan kuartal ketiga terbesar sejak 2016 karena penjualan iPhone melambat.

Amazon.com Inc, salah satu penggerak utama belanja konsumen, diperkirakan melaporkan kenaikan lebih dari 8,0 persen pada pendapatan kuartal kedua, dibantu oleh pemulihan dalam bisnis periklanan dan e-commerce.

Dolar AS melambung di Asia pada level tertinggi satu bulan di 102,75 terhadap rekan-rekan utamanya, setelah data penggajian swasta yang kuat menambah tanda-tanda ketahanan pasar tenaga kerja di AS. Laporan penggajian non-pertanian AS yang diawasi ketat akan dirilis pada Jumat (4/8/2023).

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023