Saat ini sudah proses konstruksi dan ditargetkan pada Desember 2023 sudah selesai
Batang, Jawa Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, melakukan perbaikan ruas jalan Plelen-Kedawung di Kecamatan Gringsing dengan anggaran dana Instruksi Presiden sebesar  Rp20,6 miliar.

Kepala Bidang Prasarana Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang Endro Suryono di Batang, Kamis, mengatakan bahwa anggaran dana Inpres itu untuk penanganan jalan sepanjang 4 kilometer dengan lebar 5,5 meter dan jembatan yang kini kondisinya rusak parah di ruas jalan tersebut.

"Insya Allah ruas jalan itu nantinya dalam kondisi yang bagus. Saat ini sudah proses konstruksi dan ditargetkan pada Desember 2023 sudah selesai," katanya.

Menurut dia, semua penanganan perbaikan ruas jalan dan jembatan itu diserahkan pada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Jalan Nasional.

Adapun peran Pemkab Batang, kata dia, hanya menyediakan data dan rencana "detail engineering design", serta permohonan untuk pelaksanaan pekerjaan.

Baca juga: Kementerian PUPR percepat pembangunan infrastruktur KIT Batang Jateng

Baca juga: PDAM Batang jamin pasokan air bersih di KITB cukup


Dikatakan, ruas jalan yang rusak parah karena dilalui armada pengangkut material Kawasan Industri Terpadu Batang merupakan akses ekonomi, pertanian, wisata, kesehatan dan pendidikan warga di daerah itu.

"Peningkatan ruas jalan Plelen-Kedawung karena kondisi jalan sudah rusak sehingga memang harus diperbaiki. Ruas jalan itu, sebagai sarana pendukung ke objek wisata dan kawasan industri," katanya.

Endro Suryono menilai anggaran dana Inpres yang diterima dengan cepat oleh Pemkab Batang karena baru enam kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang sudah menerima dana itu pada tahap pertama 2023.

Selain ruas jalan Plelen-Kedawung, kata dia, pemkab juga masih memiliki kondisi jalan yang perlu penanganan seperti jalan Banyuputih-Kedawung.

Namun, kata dia, jalan tersebut akan mendapat anggaran peningkatan jalan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 Perubahan.

"Insya Allah, kondisi jalan Banyuputih-Kedawung akan secepatnya diperbaiki agar dapat memperlancar aktivitas ekonomi.warga," katanya.

Baca juga: PLN-PLTU Batang menjaga keandalan pasokan listrik Jawa-Bali

Baca juga: KITB gandeng Pelindo kembangkan Pelabuhan Jetty di Batang Jateng

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023