Kami siap melakukan penambahan pasokan guna menjaga agar stok LPG 3 kilogram bersubsidi aman.
Jambi (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Sumbagsel siap kembali menambah pasokan gas/LPG bersubsidi tabung ukuran 3 kilogram pada Agustus 2023 untuk wilayah Jambi, untuk menjamin ketersediaan LPG dan memastikan terpenuhinya kebutuhan bagi masyarakat.

"Untuk Agustus ini juga kami siap melakukan penambahan pasokan guna menjaga agar stok LPG 3 kilogram bersubsidi aman," kata Sales Branch Manager Pertamina Patra Niaga Area Jambi Didi Rushadi, di Jambi, Kamis.

Terkait jumlahnya, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah LPG yang ditambahkan.

Meski siap melakukan penambahan pasokan, namun Pertamina memastikan bahwa saat ini stok LPG yang ada di agen maupun pangkalan di Provinsi Jambi dalam kondisi mencukupi dan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ia menjelaskan dari sisi suplai untuk wilayah Jambi sudah ditambahkan pasokannya sejak Juli lalu. Ia menegaskan bahwa tim Pertamina melakukan sampling juga secara rutin ke 11 kabupaten/kota yang ada,” ujar Didi Rushadi, Rabu (2/8).

Tambahan stok tersebut nantinya akan didistribusikan ke agen dan pangkalan yang ada di Provinsi Jambi. Saat ini jumlah agen LPG di provinsi Jambi sebanyak 54 agen, sedangkan untuk pangkalan berjumlah 2.977 pangkalan.

Didi mengimbau agar masyarakat tidak panik dan terpengaruh kabar-kabar yang belum dapat dipastikan kebenarannya yang dapat membuat masyarakat menjadi panic buying atau melakukan pembelian melebihi kebutuhan.

Dia menyebutkan bahwa panic buying itulah yang justru menyebabkan stok yang seharusnya mencukupi untuk kondisi pembelian normal, menjadi habis lebih cepat karena masyarakat melakukan pembelian lebih banyak dan melebihi kebutuhan yang seharusnya.

“Pertama yang dapat kami pastikan adalah suplainya aman dengan penambahan yang sudah kami lakukan sejak Juli," kata dia.

Didi juga mengimbau penggunaan LPG bersubsidi tabung 3 kg sesuai peruntukannya. LPG bersubsidi diperuntukkan bagi masyarakat miskin, baik rumah tangga maupun UMKM, maupun nelayan dan petani sasaran.

Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melakukan penambahan pasokan fakultatif sebanyak 28 ribu tabung gas pada Juli 2023 yang siap didistribusikan ke masyarakat wilayah Provinsi Jambi.

Sales Area Manager Retail Jambi Bima Kusuma Aji mengatakan penambahan fakultatif sifatnya situasional sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Penambahan fakultatif ini dapat mempertebal stok LPG 3 kilogram di pangkalan sehingga sudah tersedia apabila masyarakat memerlukan LPG 3 kilogram.
Baca juga: Pertamina putus kontrak 11 pangkalan LPG 3 kg di Jambi
Baca juga: Pertamina beri sanksi 17 SPBU dan 21 agen LPG di Jambi selama 2023

Pewarta: Tuyani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023