Medan (ANTARA) - Unit Intel Kodim 0201/Medan, Kodam I/Bukit Barisan mengungkap 60 ton solar bersubsidi yang diduga ditimbun di gudang Jalan Platina 3 Lalang Panjang, Lk XIII, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara.

"Ke-60 ton solar subsidi yang diamankan itu terdiri dari 55 ton pada drum (tong), serta 5.000 liter (5 ton) pada truk tangki yang ditemukan di dalam gudang itu (2/8)," ujar Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/Bukit Barisan Kolonel Inf Rico J Siagian di Medan, Kamis.

Ia mengatakan, solar subsidi tersebut diungkap melalui operasi penggerebekan Unit Intel Kodim 0201/Medan yang dipimpin Pasi Intel, Mayor Inf Ivan bersama 10 personel serta didampingi unsur Forkopimda Medan Deli dan Satreskrim Polres Belawan.

"Kami dapat mengendus keberadaan gudang penimbunan BBM ini bermula dari pengaduan masyarakat kepada Babinsa Koramil 0201-11/Medan Deli, Sertu Samsul Kahar dan Sertu Suparno," tuturnya.

Dikatakan Rico, warga curiga melihat truk tangki kerap keluar masuk ke gudang bekas pabrik PT FM yang sejak 2019 sudah tidak beroperasi.

"Untuk orang yang diamankan tidak ada, namun seluruh barang bukti sudah diserahkan ke Polres Belawan," ujar Rico.

Dia menambahkan, keberhasilan Unit Intel Kodim 0201/Medan ini langsung mendapat apresiasi dari Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin.

"Pangdam berharap hal ini bisa menjadi motivasi bagi prajurit jajaran Kodam I/BB lainnya, khususnya dalam mengimplementasikan perintah harian Kasad yakni TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya, dan senantiasa menjadi solusi," katanya.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023