Sidoarjo (ANTARA) -
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI siap merenovasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur dalam waktu dekat terutama pada sisi keamanan gedung dan keselamatan pengunjung.
 
Tim survei dari Kementerian PUPR Suryantara, Kamis mengatakan, sebelum renovasi terlebih dahulu memulai tahapan perencanaan, tahap pelelangan dan berlanjut pada pelaksanaan rehabilitasi renovasi stadion Gelora Delta Sidoarjo.
 
"Dilakukan rehabilitasi renovasi, seperti perbaikan kelistrikan dengan menambah daya listrik dari genset dan juga untuk perbaikan lapangan bola perlu ditambah pompa air agar penyiramannya cukup baik, termasuk juga kursi di seluruh tribun penonton,” ucapnya di sela melakukan peninjauan di Gelora Delta Sidoarjo.

Baca juga: 1 abad NU dan kebangkitan ekonomi umat
 
Suryantara mengatakan perbaikan pada struktur bangunan dan penyempurnaan kelistrikan dilakukan beserta perbaikan yang dititikberatkan pada segi kehandalan bangunan serta keselamatan penonton.
 
Ia mengatakan, perbaikan-perbaikan yang dilakukan juga untuk memenuhi standar stadion internasional karena akan dipakai untuk liga 2 sepak bola Indonesia.
 
"Sedikit demi sedikit kami juga akan menyempurnakan stadion Gelora Delta Sidoarjo,” ujarnya.

Baca juga: Peserta seabad NU nekad naik pagar masuk Stadion Gelora Delta
 
Ia mengatakan renovasi tersebut sebagai tindak lanjut kebijakan pemerintah pusat atas terjadinya tragedi Kanjuruhan dan renovasi terhadap stadion yang akan dipakai untuk liga 1 dan 2 Indonesia.
 
"Ada sekitar 19 stadion yang dipakai untuk laga tersebut termasuk stadion Gelora Delta Sidoarjo," tuturnya.

Baca juga: Warga nahdliyin padati jalan depan Gelora Delta Sidoarjo
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau yang akrab disapa Gus Muhdlor menyambut baik rencana itu karena stadion Gelora Delta Sidoarjo memiliki nilai histori yang baik bagi prestasi olahraga tanah air.
 
Kali pertama digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional tahun 2.000 dan juga stadion Gelora Delta Sidoarjo bukan hanya sebagai stadion olah raga namun stadion multifungsi yang dapat dipakai untuk perhelatan apa saja.
 
“Stadion ini multifungsi bukan hanya sekedar untuk kegiatan olahraga saja, tetapi juga untuk kegiatan keagamaan,” ucapnya.

Baca juga: Khofifiah instruksikan deteksi dini kerawanan saat seabad NU
 
Ia mengatakan, stadion Gelora Delta Sidoarjo letaknya strategis yakni dekat dengan bandara udara Juanda menjadi pilihan kegiatan olah raga digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.
 
Ia mengatakan, piala AFF yang digelar di stadion Gelora Delta Sidoarjo menjadi saksi Timnas Indonesia meraih juara piala AFF dua kali yakni pada 2013 dan 2018.
 
“Stadion ini unik, stadion ini strategis, stadion ini multifungsi dan stadion ini menjadi jujugan tokoh-tokoh nasional karena adanya venue-venue internasional,” ucapnya.

Baca juga: Suporter Persebaya padati pintu masuk Stadion Gelora Delta Sidoarjo
Baca juga: Panpel siapkan 24 ribu tiket final Piala Gubernur Jatim

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023