Palembang, Sumsel (ANTARA) - Kontingen Jawa Tengah panen emas pada cabang olahraga pararenang Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X/2023 yang digelar di Aquatic Gymnasium Jakabaring Sport Center Kota Palembang Sumatera Selatan, Kamis (3/8/2023).

Berdasarkan data hasil pertandingan Peparpenas X/2023 cabang pararenang hingga pukul 20.00 WIB, para atlit Jateng mengumpulkan enam medali emas. Jumlah perolehan medali emas Jateng di nomor itu paling banyak.

Sukses Jateng juga diikuti sukses atletnya Theresia Faustine dan Rizaldi Prastowo masing-masing meraih dua medali emas setelah memenangkan final nomor pararenang 50 meter dan 100 meter gaya dada kategori S-15 putra-putri.

Pada nomor 50 meter gaya dada S-15 putri, Theresia Faustine membukukan catatan waktu 50,23 detik, perak diraih Nadila (Sumbar) dan perunggu Afrilia Aida (Banten).

Pada nomor 100 meter gaya dada, Theresia mencatat waktu satu menit 49,23 detik. Perak kembali diraih Nadila (Sumbar) yang terpaut jauh di belakangnya.

Sama halnya Rizaldi, juga tampil mendominasi di 100 gaya dada putra S-15 dengan catatan waktu semenit 23,38 detik. Perak dan perunggu diraih Andri Saputra dan Muhaad Wafi keduanya dari Sumsel.

Sukses Rizaldi merupakan kelanjutan dari sukses sebelumnya di 50 meter gaya dada putra S-15 yang meraih emas. Perenang tuan rumah Andri terpaksa harus puas perak bersama rekanya Juan Prasetya.

Peraih medali emas terbanyak kedua yakni Jawa Barat, Papua, dan Jawa Timur masing-masing tiga medali emas. Bali, Kalsel, Sumbar dan DKI sementara dua medali emas. Sedangkan Riau dan Sumut masing-masing satu medali emas.

Pertandingan cabang para renang digelar pada Kamis (3/8/2023). Terdapat 44 medali emas yang diperebutkan pada cabang olahraga ini masing-masing 22 nomor pertandingan putra dan 22 nomor pertandingan putri.

Sedangkan pada pertandingan cabang olahraga bocia, DKI Jakarta dan DIY pada Kamis (3/8) masing-masing meraih dua medali emas, disusul Kepri dan Jawa Tengah masing-masing satu medali emas.

Baca juga: Menpora Dito resmi buka Peparpenas X/2023 di Palembang
Baca juga: Peparpenas beri ruang bicara bagi pelajar dengan kondisi disabilitas

 

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023