Sehingga ke depan pencari kerja di Kota Jayapura lebih terampil dan profesional dan memiliki daya saing
Jayapura (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Jayapura, Papua memberikan pelatihan tata rias kecantikan bagi 13 pencari kerja atau pencaker Orang Asli Papua (OAP), Jumat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura Djoni Naa di Jayapura, Jumat, mengatakan pelatihan tata rias kecantikan akan dilaksanakan pada 4-16 Agustus 2023 di mana setelah pelatihan selesai pihaknya langsung memberikan bantuan peralatan kepada seluruh peserta.

"Bantuan peralatan itu agar peserta pelatihan dapat melanjutkan ketrampilan yang didapat selama mengikuti pelatihan," katanya.

Menurut Djoni, peserta yang mengikuti pelatihan tata rias kecantikan merupakan warga Kota Jayapura yang memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

"Kami harap melalui pelatihan ini semua peserta dapat lebih mahir dalam merias wajah," ujarnya.

Pelatihan tata rias kecantikan dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Setda Kota Jayapura Amos Solossa, Jumat (4/8).

Asisten III Bidang Administrasi Setda Kota Jayapura Amos Solossa mengatakan pihaknya berharap melalui pelatihan tersebut dapat mempersiapkan tenaga kerja yang siap dipakai sekaligus menciptakan dunia kerja baru dalam jumlah dan kualitas yang memadai.

Menurut Solossa, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja baik melalui pelatihan dan juga bimbingan menjadi tanggung jawab semua pihak baik BUMD, BUMN, dunia usaha maupun swasta.

"Sehingga ke depan pencari kerja di Kota Jayapura lebih terampil dan profesional dan memiliki daya saing," katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga mengapresiasi kepada lembaga-lembaga pelatihan kerja swasta yang telah menjadi mitra Pemkot Jayapura dalam memberikan pembekalan ketrampilan kepada pencaker di daerah itu.

"Kami minta agar peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan ini agar ke depan bisa membuka usaha sendiri dan membantu menumbuhkan ekonomi keluarga," ujarnya.

Baca juga: Bappeda: Program dana Otsus Papua wajib berpihak pada OAP

Baca juga: Wapres tekankan pengutamaan OAP jadi kebijakan afirmasi pemerintah

Baca juga: PLN: Rekrutmen pegawai khusus orang asli Papua capai 1.318 pelamar

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023