Singapura (ANTARA) - Saham Asia naik tipis pada Jumat, sementara dolar mundur dari puncak satu bulan karena investor menilai data ekonomi AS yang sebagian besar menunjukkan pasar tenaga kerja yang tangguh dan menunggu laporan penggajian non-pertanian (NFP) penting yang akan dirilis hari ini.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang menguat 0,28 persen, tetapi berada di jalur untuk mencatat kerugian mingguan sebesar 2,0 persen, penurunan terburuk dalam lebih dari sebulan. Indeks Nikkei Jepang berakhir naik 0,10 persen.

Pasar berjangka menunjukkan saham Eropa ditetapkan untuk pembukaan yang lebih tinggi, dengan Eurostoxx 50 berjangka naik 0,35 persen, DAX Jerman berjangka naik 0,23 persen dan FTSE berjangka naik 0,19 persen.

Perhatian investor akan tertuju pada laporan penggajian non-pertanian AS Juli, dengan survei Reuters terhadap 80 ekonom memperkirakan payrolls meningkat sebesar 200.000 pekerjaan bulan lalu, setelah naik 209.000 pada Juni.

Para ekonom yang telah lama memperkirakan penurunan pada kuartal keempat tahun ini semakin yakin bahwa skenario "soft-landing" ekonomi yang dibayangkan oleh Federal Reserve AS sekarang mungkin terjadi.

"Orang-orang mencoba memahami skenario 'Goldilocks' (ekonomi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin) baru tentang suku bunga mungkin tidak akan jauh lebih tinggi, tetapi kita mungkin menghindari resesi, yang menurut saya masih merupakan asumsi yang sangat dipertanyakan," kata Rob Carnell, kepala penelitian regional ING Asia Pacific.

Semalam, saham-saham AS ditutup sedikit berubah setelah sesi perdagangan yang berombak, karena investor menimbang kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah bersama kumpulan data ekonomi dan pendapatan terbaru.

Data menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran naik sedikit minggu lalu, sementara PHK turun ke level terendah 11 bulan pada Juli karena kondisi pasar tenaga kerja tetap ketat.

E-mini berjangka untuk S&P 500 naik 0,35 persen pada jam-jam Asia, dengan pendapatan beragam dari pemimpin teknologi cenderung mendominasi pasar AS.

Amazon.com melaporkan pertumbuhan penjualan dan laba yang mengalahkan perkiraan para analis, sedangkan Apple memperkirakan penurunan penjualan akan berlanjut hingga kuartal saat ini.

Geir Lode, kepala ekuitas global di Federated Hermes, mengatakan partisipasi pasar yang lebih luas akan diperlukan untuk mempertahankan tren bullish.

"Kinerja tahun hingga saat ini telah didorong oleh beberapa perusahaan berkapitalisasi besar terpilih, tetapi ini perlu memberi jalan bagi partisipasi yang lebih luas di antara perusahaan berkapitalisasi menengah dan kecil agar reli pasar dapat berlanjut," kata Lode.

Indeks saham-saham unggulan China CSI 300 berakhir naik 0,39 persen, sedangkan Indeks Komposit Shanghai ditutup naik 0,23 persen. Indeks acuan Hong Kong, Hang Seng, berakhir terangkat 0,62 persen di jalur untuk menghentikan penurunan beruntun tiga hari.

Bank sentral China akan secara fleksibel menggunakan alat kebijakan untuk memastikan likuiditas yang cukup dalam sistem perbankan, kata seorang pejabat pada Jumat. Konferensi pers tersebut dilakukan setelah gubernur bank sentral China berjanji pada Kamis (3/8/2023) untuk mengarahkan lebih banyak sumber daya keuangan ke ekonomi swasta.

"Ini masih mempertahankan dukungan ringan daripada menyuntikkan sejumlah besar stimulus," kata Carnell dari ING.

Investor telah merindukan para pembuat kebijakan untuk memberikan stimulus yang lebih luas buat mendorong pemulihan pasca-pandemi karena ekonomi terbesar kedua di dunia itu berjuang dengan permintaan yang lemah di dalam dan luar negeri.

Sementara itu, imbal hasil obligasi pemerintah AS telah meningkat minggu ini sebagian karena kenaikan pasokan, dengan Departemen Keuangan mengumumkan penawaran 103 miliar dolar AS pada Rabu (2/8/2023).

Imbal hasil 10-tahun berada di 4,176 persen pada jam Asia, hanya sedikit dari puncak sembilan bulan di 4,198 persen yang disentuh pada Kamis (3/8/2023). Imbal hasil pada obligasi 30 tahun turun menjadi 4,276 persen, mendekati level tertinggi sembilan bulan di 4,326 persen.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang lainnya, turun 0,029 persen menjadi 102,42, turun dari puncak hampir satu bulan di 102,84 yang dicapai pada Kamis (3/8/2023). Indeks ditetapkan untuk mencatat kenaikan minggu ketiga berturut-turut.

Baca juga: Saham Asia dibuka naik ketika fokus investor beralih ke data gaji AS
Baca juga: Saham Asia tersandung karena kenaikan imbal hasil AS, dolar melonjak

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023