Akan ada beberapa side event lainnya
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemenkominfo) Usman Kansong mengatakan selain isu-isu penting negara-negara berkembang di ASEAN, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN juga membahas isu lanjutan terkait kerja sama yang lebih luas dengan negara-negara di luar kawasan.

"Dalam KTT nanti akan dibahas beberapa tema di antaranya soal Code of Conduct terkait Laut Cina Selatan, kemudian juga South East Asia Nuclear Weapon Free Zone atau SEANFWZ, kemudian juga ASEAN Maritime Outlook, ASEAN Outlook in Indo Pacific atau (AOIP) dan tentu saja isu terkait Myanmar," kata Usman dalam konferensi pers "Road to KTT ASEAN" yang dilangsungkan secara daring dari Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kemenkominfo beri dukungan komunikasi publik untuk KTT ASEAN 2023

KTT ke-43 ASEAN itu nantinya akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat mulai 5-7 September 2023 dan diikuti sekitar 26 negara.

Selain negara-negara anggota ASEAN, delegasi lain di antaranya dari Australia, India, Tiongkok, Jepang, Republik Korea, Federasi Rusia, Amerika Serikat, Kanada, hingga perwakilan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mengikuti rangkaian acara tersebut.

Usman juga mengatakan nantinya akan ada beberapa acara sampingan atau side event yang digelar di pekan pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN di antaranya seperti ASEAN Bussiness Summit yang dilangsungkan oleh Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan juga ASEAN Investment Forum yang dilangsungkan oleh Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM).

"Akan ada beberapa side event lainnya, selain itu yang akan kami sampaikan dalam beberapa waktu ke depan," ujar Usman.

Usman mengatakan bagi masyarakat atau pun media yang mencari informasi lebih lengkap dan detail mengenai pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN dapat mengunjungi situs web www.asean202.id yang telah tersedia sejak pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT.

Di hari terakhir pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN, Usman memastikan akan ada penyampaian konklusi lewat konferensi pers yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

"Nanti Presiden Jokowi (Joko Widodo) akan menyampaikan konferensi pers di hari terakhir," ujar Usman.

Baca juga: Akademisi: KTT ke-43 ASEAN beri efek ganda bagi perekonomian Indonesia

Baca juga: KTT ke-43 ASEAN diselenggarakan 5-7 September 2023 di Jakarta

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023