Seongnam, Korea Selatan (ANTARA) - Penusukan secara acak di sebuah kota pinggiran dekat Seoul yang terjadi dua kali di Korea Selatan dalam waktu kurang dari dua pekan, telah menebar ketakutan di negara tersebut.

Selama ini Korea Selatan lama dikenal sebagai negara aman yang memiliki tingkat pembunuhan rendah dan aturan pembatasan senjata api yang ketat.

Seorang pria menghantamkan kendaraannya kepada orang yang sedang melintas, kemudian keluar dan lalu menusuk banyak orang di sebuah pusat perbelanjaan di Seongnam pada Kamis (3/8), kata   polisi.

Pelaku sudah ditangkap di tempat kejadian perkara, sedangkan 14 orang menjadi  korban dan mengalami luka-luka yang dua di antaranya dalam kondisi kritis.

Kekerasan yang tidak dapat dijelaskan tersebut terjadi berhari-hari setelah serangan penusukan lainnya di Seoul yang menewaskan satu orang dan melukai tiga lainnya.

"Saya selalu mengingatkan  anak-anak saya agar waspada ketika berada di luar negeri karena mencemaskan senjata api. Tapi kini saya malah lebih takut berada di Korea Selatan," kata Lee Young-ja, penduduk Seongnam berusia 78 tahun kepada Reuters.

Baca juga: 13 orang terluka dalam insiden penusukan di dekat Seoul

Lee berhasil melarikan diri setelah mendengar orang-orang berteriak dalam peristiwa yang terjadi Kamis lalu itu.

Penduduk lainnya di daerah tersebut, Choi Jun-ho (26), mengaku semakin waspada saat bepergian Jumat pagi ke tempat kerjanya yang berada dekat pusat perbelanjaan di mana kejadian penusukan terjadi.

"Ini mengkhawatirkan. Hal seperti ini dapat terjadi dekat saya," kata Choi.

Presiden Yoon Suk Yeol menyebut insiden itu aksi  terorisme melawan warga tidak bersalah. Dia memerintahkan polisi agar mengerahkan  seluruh sumber daya yang ada  untuk menenangkan masyarakat.

Dalam media sosial, daftar ancaman serangan seperti itu sudah beredar luas.

"Saya sudah minta  keluarga dan teman agar tak keluar rumah," kata seorang warga Seoul berusia 31 tahun yang menolak menyebutkan namanya karena alasan keamanan.

Baca juga: Jepang, AS dan Korsel ingin rutinkan KTT trilateral di antara mereka

"Saya harap orang-orang yang memposting ancaman itu semuanya dilacak dan dihukum berat," kata dia.

Komisaris Jenderal Polisi Yoon Hee-keun pada Kamis memperingatkan warga Korea Selatan agar  tetap mewaspadai serangan seperti itu dan memerintahkan  aparat agar selalu siaga.

Pakar-pakar menyatakan ada risiko kejahatan serupa yang mengikuti. Mereka mendesak pihak berwajib segera menganalisis pola dalam serentetan kejahatan kekerasan belakangan ini sehingga   menghasilkan kebijakan yang mengatasi masalah itu.

"Tersangka tidak memiliki motif jelas bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan guna   mencegah terjadinya kejahatan seperti itu," kata Kim Do-woo, profesor ilmu kepolisian pada  Universitas Kyungnam.

Misalnya, polisi dapat mengawasi secara ketat dan proaktif begitu mendapatkan  laporan tindakan mencurigakan di tempat umum yang ramai karena kedua serangan penikaman dalam beberapa pekan terakhir terjadi dekat stasiun kereta bawah tanah, kata Kim.

Baca juga: Korsel sebut korban meninggal akibat gelombang panas capai 23 orang

Sumber: Reuters

 

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023