Mungkin lebih berguna kalau di sini hadir trip Jaklingko ke dalam Pelabuhan Tanjung Priok
Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Bus Tanjung Priok Muzofar Surya Alam meminta kepada otoritas pelabuhan agar angkutan umum bisa memasuki Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menyusul adanya  trayek baru mikrotrans Jak 89 dan Jak 90.

Muzofar kepada wartawan di Jakarta Utara, Jumat, mengatakan selama ini pelayanan mikrotrans dengan Jaklingko mampu menjangkau pelosok-pelosok daerah di Ibu Kota tetapi belum menjamah kawasan dalam Pelabuhan Tanjung Priok.

"Mungkin lebih berguna kalau di sini hadir trip Jaklingko ke dalam Pelabuhan Tanjung Priok, lanjut sampai Ancol kalau bisa. Sedangkan rute baliknya dari Ancol, Jakarta International Stadium (JIS), kembali lagi ke terminal bus Tanjung Priok. Artinya ini sangat-sangat dibutuhkan," kata Muzofar.

Muzofar mengatakan penumpang yang turun di Terminal Bus Tanjung Priok lalu hendak ke area Pelabuhan Tanjung Priok jumlahnya cukup banyak, namun umumnya mereka tidak terakomodir dengan layanan Jaklingko.

"Selama ini mereka  menggunakan ojek daring ataupun sarana transportasi daring lainnya agar bisa masuk  ke dalam," kata Muzofar.

Selain itu, Muzofar juga berkaca pada kondisi daya tampung kendaraan di Terminal Bus Tanjung Priok yang saat ini mendekati penuh.

Bus antarkota, angkutan dalam kota, dan TransJakarta saling bertumpu pada satu kawasan dan tidak dapat dipisahkan manfaatnya di area terminal tipe A seluas 10.963 meter persegi di Jakarta Utara itu.

Dengan menjadi tumpuan itu, Muzofar khawatir, antara bus dan angkutan yang hendak keluar dari terminal dengan mikrotrans nantinya berpotensi terjadi gesekan.

"Itu soal kehadirannya Jaklingko untuk trayek baru, trayek 89 dan 90 hanya kurang konfirmasi ke kami, sehingga areanya tidak memadai," kata Muzofar.

Kapasitas Terminal Bus Tanjung Priok saat ini untuk bus antar kota memiliki 10 trayek, di mana satu trayek berisi 28 kendaraan.

Untuk angkutan dalam kota, daya tampung terminal sekitar 600 kendaraan mikrotrans.

Muzofar mengatakan total kapasitas pada Jumat ini sekitar 730 kendaraan.

Badan Usaha Milik Daerah Provinsi DKI Jakarta PT TransJakarta mengoperasikan dua rute baru mikrotrans Jak 89 melayani Tanjung Priok-Taman Kota Intan dan Jak 90 melayani  Sunter Permai-Tanjung Priok.

Saat ini terdapat 11 rute mikrotrans di Jakarta Utara. Sebelumnya tercatat ada sembilan rute mikrotrans yang beroperasi di Jakarta Utara hingga tahun 2019.
​​​​​​​
Di Terminal Bus Tanjung Priok, mikrotrans sementara ditempatkan di area depan dahulu. Sedangkan area belakang dipersiapkan hanya untuk bus saja.
Baca juga: Warga DKI bisa langsung ke Bali dari Terminal Bus Tanjung Priok
Baca juga: Forkopimko Jakut bersihkan Terminal Tanjung Priok jelang 17 Agustus
Baca juga: Heru janji rawat JIS karena merupakan kebanggaan DKI

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023