Jika bisa ikut menggunakan dana APBN itu, kami akan membuat program untuk pengembangan UMKM.
Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan mengapresiasi keputusan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang ingin mengoptimalkan APBN 2023 untuk kepentingan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Itu membantu UMKM untuk naik kelas dan berkembang," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Benny Nasution, di Medan, Jumat.

Benny pun berharap anggaran tersebut dapat dimanfaatkan dengan maksimal sesuai peruntukannya.

Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Medan, kata dia lagi, pun siap memberikan dukungan dengan memaksimalkan anggaran dari negara itu untuk meningkatkan kualitas UMKM di ibu kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini.

"Jika bisa ikut menggunakan dana APBN itu, kami akan membuat program untuk pengembangan UMKM," ujar Benny.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut akan mengoptimalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mendukung produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri.

Menurut Sri Mulyani, sampai enam bulan pertama 2023, ada 60 persen anggaran dari APBN 2023 yang belum dibelanjakan.

Pagu belanja negara pada APBN 2023 sebesar Rp3.061,2 triliun, sementara realisasi hingga semester I 2023 mencapai Rp1.255,7 triliun. Dengan demikian, masih ada dana Rp1.805,5 triliun yang bisa diserap hingga akhir 2023.

Salah satu kebijakan pemerintah untuk penguatan produk UMKM adalah Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) yang ditargetkan bisa menyerap produk dalam negeri di kementerian/lembaga tingkat pusat dan pemerintah daerah sampai 95 persen.

Salah satu upaya yang sedang digencarkan pemerintah adalah peningkatan realisasi belanja untuk produk UMKM dan artisan sebesar Rp250 triliun dalam APBN.

“Dukungan-dukungan ini pasti sangat berarti bagi UMKM, karena masih banyak UMKM yang masih harus bangkit karena terdampak pandemi COVID-19,” ujar Sri Mulyani.
Baca juga: Pemkot Medan memfasilitasi sertifikasi halal gratis pelaku UMKM
Baca juga: Pemkot Medan bangun Mal UMKM seperti Sarinah di Jakarta

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023