Jakarta (ANTARA) - Kantor Berita Antara telah merangkum sejumlah berita hangat pada Jumat (4/8), mulai dari kasus dugaan penghinaan terhadap presiden Joko Widodo hingga mahasiswa Fakultas Ilmu Bahasa (FIB) UI jurusan Sastra Rusia, MNZ (19) yang tewas dibunuh oleh seniornya.

Berikut tautan berita seputar kriminal yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Polisi sebut proses laporan dugaan penghinaan presiden sesuai SOP

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya menyebut laporan mengenai kasus dugaan penghinaan terhadap presiden Joko Widodo oleh pengamat politik Rocky Gerung dan ahli hukum tata negara Refly Harun ke penegak hukum, sudah sesuai prosedur operasional standar (standard operating procedure/SOP).

"Semua sesuai dengan SOP dalam penerimaan laporan polisi serta tindak lanjutnya, " kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat dikonfirmasi di Jakarta, terkait alasan polisi bergerak cepat dalam memproses dan mengusut laporan tersebut, Jumat.

Selengkapnya di sini

2. Lemkapi apresiasi Kapolri peduli korban terjerat kabel

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengapresiasi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terhadap korban kecelakaan lalu lintas akibat terjerat kabel yang menjuntai di atas jalan, Jakarta Selatan.

"Uluran tangan Kapolri dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto ini menunjukkan polisi telah hadir sebagai pelayan, pelindung, pengayom dan penolong di tengah masyarakat," kata Edi di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

3. Empat lembar lantai besi JPO Sahabat di Cengkareng kembali hilang

Sebanyak empat lembar lantai besi di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Sahabat di Jalan Raya Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat kembali hilang.

Seorang pemilik warung di sisi utara JPO tersebut, Haikal menyebut bahwa pada Jumat sekira pukul 03.00 WIB, salah satu saudaranya melihat sekelompok orang membawa kabur beberapa lembar lantai besi JPO.

Selengkapnya di sini

4. Mahfud MD minta Bali Tower lakukan pendekatan manusiawi kepada Sultan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta PT Bali Tower untuk melakukan pendekatan manusiawi dan kekeluargaan kepada Sultan Ri'fat Alfatih (20) korban jeratan kabel serat optik beserta keluarganya.

"PT Bali Tower, menurut saya memang perlu melakukan pendekatan yang lebih manusiawi, kekeluargaan, tidak terlalu bicara formalitas uang, formalitas hukum, keadilan, dan sebagainya, itu nanti," kata Mahfud usai menjenguk Sultan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat.

Selengkapnya di sini

5. RS Polri autopsi jenazah mahasiswa UI yang tewas dibunuh

Rumah Sakit Polri, Kramat Jati melakukan autopsi terhadap jenazah mahasiswa Fakultas Ilmu Bahasa (FIB) UI jurusan Sastra Rusia, MNZ (19) yang tewas dibunuh oleh seniornya.

"Tadi sore Polres Metro Depok mengirim mayat mahasiswa angkatan 2022 ya, FIB jurusan Sastra Rusia. Jadi saat ini sedang dilaksanakan proses autopsi oleh dokter kita," kata Kepala RS Polri Brigjen Pol Hariyanto kepada wartawan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023