Beijing (ANTARA) - China berharap pihak-pihak terkait Nigeria menyelesaikan perbedaan secara damai melalui dialog dan memulihkan ketertiban normal sedini mungkin, kata seorang juru bicara Kemlu China.

Juru bicara tersebut mengatakan China mengikuti perkembangan situasi di Nigeria dengan saksama serta mencatat pernyataan-pernyataan relevan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS).

Presiden Mohamed Bazoum merupakan sahabat China.

China pun berharap keselamatan pribadi sang presiden terjamin dan pihak-pihak terkait di Nigeria akan mempertimbangkan kepentingan fundamental bangsa dan rakyatnya, menyelesaikan konflik secara damai melalui dialog, memulihkan tatanan normal secepat mungkin, serta menjunjung tinggi stabilitas dan pembangunan bangsa, kata juru bicara tersebut.

"Kami percaya Nigeria dan negara-negara lain di kawasan tersebut memiliki kebijaksanaan dan kapabilitas untuk menemukan solusi politik bagi situasi saat ini. Kami sangat peduli dengan keselamatan dan keamanan warga negara serta institusi China di sana. Kemlu dan kedutaan besar kami di Nigeria telah mengeluarkan peringatan keamanan guna mengingatkan warga negara dan institusi China di Nigeria agar tetap berhati-hati dan bersiap untuk respons darurat," ujar juru bicara tersebut.

Kemlu dan misi China di Nigeria akan terus melakukan komunikasi erat dengan warga negara dan institusi China di Nigeria, memberikan perlindungan dan bantuan konsuler tepat waktu, serta melakukan segala upaya yang dapat dilakukan untuk melindungi nyawa dan properti mereka.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023