Jakarta (ANTARA) - Editor sejumlah manga populer seperti "ONE PIECE" dan "Demon Slayer" Takano Ken akan membagikan cerita tentang pengalamannya bekerja di Departemen Editorial Weekly Shonen Jump serta pembuatan komik pada Sabtu siang ini.

Dia, seperti disiarkan keterangan tertulis, Kamis (3/8), akan hadir melalui sesi pertama program "Meet the Experts: Online Lecture Series on Japanese Culture" yang digelar The Japan Foundation Jakarta. Sesi wawancara bersama Takano Ken nantinya disiarkan melalui kanal YouTube The Japan Foundation, Jakarta pukul 13.30 WIB.

Manga "ONE PIECE" karya Eiichiro Oda mendapatkan pujian dari berbagai pihak karena alur cerita, penokohan, serta aspek penciptaan dunia yang tak terkalahkan sehingga membuatnya mampu bertahan selama lebih dari dua dekade dan memiliki kelompok penggemar yang setia dan semakin luas. Takano Ken akan berkisah mengenai pembuatan manga ini.

Baca juga: Akhir "Demon Slayer Season 2", kemunculan Doma dan bocoran musim baru

Selain sesi bersama dia, pada 16 September 2023, program yang sama juga dijadwalkan menghadirkan ilustrator sekaligus YouTuber Jepang Saito Naoki yang akan membagikan ilmu tentang ilustrasi.

Dia juga akan memberikan tutorial koreksi gambar menggunakan gambar yang telah dikirim oleh peserta di Indonesia, kemudian menggelar sesi tanya jawab secara langsung melalui kanal YouTube The Japan Foundation, Jakarta. Sesi bersama Saito Naoki akan berlangsung mulai pukul 13.30 WIB.

Gaya visual anime dan manga Jepang banyak diadopsi oleh para ilustrator di dunia. Baik untuk profesional maupun hobi, sebagian orang menggunakan gaya ilustrasi Jepang yang dicirikan dengan penggambaran mata yang bundar dan lebar, serta anatomi yang stilistik.

Tak hanya editor manga dan ilustrator, pada 30 September 2023 jam yang sama seperti sebelumnya, giliran animator Muroi Yasuo mengambil alih. Dia yang pernah bekerja di Studio Ghibli serta menangani seri animasi populer seperti "Narato" dan "Neon Genesis Evangelion" itu akan memberikan ilmu kepada peserta tentang proses, teknik animasi dan lika-liku profesi animator.

Sementara itu, kegiatan "Meet the Experts: Online Lecture Series on Japanese Culture" bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Jepang yang diampu langsung oleh narasumber ahli dari Jepang.

Baca juga: Pengisi suara asli Luffy tetap terlibat di serial Netflix "One Piece"

Baca juga: Netflix rilis trailer pertama serial One Piece

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023