"Mari kita ciptakan nuansa merah putih di masing-masing wilayah yang dibina oleh masing-masing babinsa,"
Ambon (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon mengimbau prajurit serta warga untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 dengan menghias setiap kampung dengan nuansa merah putih.

  "Mari kita ciptakan nuansa merah putih di masing-masing wilayah yang dibina oleh masing-masing babinsa," ujar Dandim 1504/Ambon Letkol Arh Tengku Sony Sonatha dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Sabtu.

  Menurutnya hal tersebut selain sebagai bentuk memeriahkan HUT RI ke-78 juga untuk memberikan tauladan tentang wujud rasa nasionalisme kepada warga.

  "Hal sederhana seperti memasang umbul-umbul ini sebagai bentuk kecil rasa nasionalisme sebagai bangsa yang merdeka," ucapnya.

  Di tempat lain, Babinsa Koramil 1504-07/Pulau Haruku, Maluku tengah, Sertu Bade Ollong juga telah mengimbau warganya untuk melakukan hal tersebut.

  "Utamanya untuk warga di wilayah Desa Rohomoni sudah kami imbau untuk memasang bendera merah putih dan umbul-umbul," tuturnya.

  Sertu Bade Ollong mengatakan himbauan ini dilakukan lewat pengumuman di kantor Desa, rumah ibadah (Masjid) dan disepanjang jalan juga lorong perkampungan Desa Rohomoni.

  Ia mengatakan warga pun tampak antusias dalam menyemarakkan peringatan HUT RI ke-78 dengan memasang bendera di masing-masing rumah untuk memerah putihkan lingkungannya.

  "Dengan nuansa merah putih ini, diharapkan dapat memberikan hikmah bahwa hanya dengan semangat merah putih dan nasionalisme masyarakat, kita bisa bangkit dan meneruskan cita cita kemerdekaan Bangsa," kata dia menjelaskan.

  Selain itu, Babinsa Sertu Bade Ollong juga meminta kepada warga binaannya untuk tetap menjaga dan memelihara situasi Keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya agar tetap damai dan kondusif.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023