rekayasa arus lalu lintas pada pukul 14.00-18.00 WIB
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan rekayasa arus lalu lintas (lalin) pada saat Istana Berkebaya diselenggarakan di Jalan Medan Merdeka Utara sisi utara atau Istana Negara, Jakarta, Minggu (6/8).

“Untuk menunjang kegiatan tersebut akan dilakukan rekayasa arus lalu lintas pada pukul 14.00-18.00 WIB,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Sabtu.

Rekayasa lalin dilakukan di Jalan Majapahit dari arah dan Utara menuju Selatan (Blok M) seluruh kendaraan bermotor dilarang melintas kecuali TransJakarta; Jalan Veteran 1,2,3 dan simpang antara Jalan Medan Merdeka Timur dan Jalan Medan Merdeka Utara ditutup untuk kendaraan bermotor, Transjakarta yang melalui JI Veteran 3-JI. Medan Merdeka Utara sisi Selatan dialihkan melalu JI. Ir H Juanda- Jl. Majapahit-Jl. Medan Merdeka Barat dan seterusnya.

Arus lalu lintas dari JI Medan Merdeka Timur (dari arah Selatan) yang akan menuju ke arah Barat melalui JL Medan Merdeka Utara dialihkan menuju ke Jl. Perwira-J Katedral-Jl. Veteran-JL. Ir H. Juanda dan seterusnya.

Baca juga: DKI siapkan 46 kantong parkir untuk Istana Berkebaya

Lalu, arus lalu lintas dan arah Utara (Jl. Hayam Wuruk) yang akan menuju ke arah Selatan (Blok M) dialihkan melalui J. Ir H. Juanda-Jl. Pos-JI. Gedung Kesenian J. Lapangan Banteng Utara Ji Lapangan Banteng Barat- J Taman Penjambon-Jl. Penjambon-J Medan Merdeka Timur.

Arus lalu lintas dan arah Jl. Ir H Juanda yang akan menuju ke arah Selatan (Blok M) dialihkan melalui Jl. Suryapranoto-Jl. Tomang Raya Jl. S Parman-JI. Gatot Subroto dan seterusnya.

Lalu, arus lalu lintas dari JI. Tomang Raya dan Jl. Suryopranoto yang akan menuju ke arah Selatan (Blok M) dialihkan melalui Jl. Ir H Juanda-Jl. Pos- Jl. Gedung Kesenian-Jl. Lapangan Banteng Utara-Jl. Lapangan Banteng Barat-Jl. Taman Pejambon-Jl Pejambon-Jl. Medan Merdeka Timur.

Arus lalu lintas dari arah Selatan (Blok M) menuju ke arah Utara (Jl. Medan Merdeka Barat-Jl. Majapahit dan seterusnya) tetap dapat dilintasi dan berlaku normal.

Baca juga: Pameran angklung terbesar hingga peragaan kebaya ramaikan HUT RI

Kemudian Angkutan Umum yang terdampak rekayasa lalu lintas pada saat acara berlangsung dan mengalami pengalihan yakni BRT 2 Pulo Gadung-Monas,BRT 3 Kalideres-Monas, BRT 2A Pulogadung-Rawa Buaya, BRT 2ST Juanda-Bundaran HI, BRT 2C Monas-JIEXPO, Bus Wisata BW2 Jakarta Modem, Bus Wisata BW4 Pencakar Langit, Bus Wisata BW9 Monas-PIK

Bus tersebut dialihkan melalui Jalan Ir. H. Juanda-Jalan Pulo Gadung-Rawa Buaya Majapahit-Jalan Medan Merdeka Barat dst.

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” kata Syafrin.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023