Jakarta (ANTARA) -
Lima berita politik pada Minggu (6/8) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Istana Berkebaya hingga gelombang panas di Korsel.
 

Klik di sini untuk berita selengkapnya
 

1. Presiden Jokowi dan Iriana berbusana Betawi dalam "Istana Berkebaya"
 
Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana kompak mengenakan busana Betawi menghadiri rangkaian peringatan HUT ke-78 RI, yakni Istana Berkebaya yang diselenggarakan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu.
 
Dalam acara itu, Presiden memakai baju koko sadariah berwarna hitam dengan sarung hijau yang terbalut di leher, sementara Ibu Negara memakai kebaya encim berwarna merah dan kain warna senada.
 
Selengkapnya di sini

2. Prabowo: Saya bangga jadi bagian pemerintahan Presiden Jokowi
 
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bangga menjadi bagian dari pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin karena berbagai keberhasilan dapat dicapai dalam dua periode kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf.
 
Prabowo mencontohkan salah satu keberhasilan itu angka inflasi yang dapat ditekan dan dikendalikan, terutama saat dunia menghadapi gejolak ekonomi dan krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19.
 
Selengkapnya di sini

3. RI belum tarik kontingen Jambore dari Korsel karena gelombang panas
 
Pemerintah Republik Indonesia belum berencana menarik 1.500 pramuka Indonesia yang sedang mengikuti Jambore Dunia Ke-25 di Korea Selatan yang saat ini diterpa fenomena cuaca gelombang panas.
 
"Belum. Tadi saya melakukan telepon lagi. Saya tanya rencana mereka dan so far belum ada rencana apa-apa. Mudah-mudahan kondisi membaik, dalam arti cuaca menjadi tidak makin panas," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat ditemui di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu.
 
Selengkapnya di sini
 
4. Amran Sulaiman diberi sinyal bantu Prabowo di Pilpres
 
Bakal calon presiden Prabowo Subianto memberikan sinyal kepada mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk bisa membantunya dalam kontestasi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden pada 14 Februari 2024.
 
"Beliau sangat ahli dalam pertanian. Saya selalu diskusi dan saya mengundang beliau untuk datang ke Jakarta memberi simposium, memberi pengalaman-pengalaman beliau tentang pembangunan pertanian," papar Prabowo di sela menghadiri Jalan Santai Antimager di Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad.
 
Selengkapnya di sini

5. Puan pimpin Sidang Komite Eksekutif AIPA di Jakarta
 
Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin Sidang Komite Eksekutif ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Jakarta, Minggu, untuk menyepakati struktur kepengurusan komite dan agenda-agenda yang akan dibahas dalam Sidang Umum Ke-44 AIPA di Jakarta pada 7–9 Agustus 2023.
 
Dalam Sidang Komite Eksekutif itu, ada sembilan negara ASEAN yang hadir yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
 
Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023