Denpasar (ANTARA) - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar memenangi lima kategori Indikator Kinerja Utama (IKU) pada Liga Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (PTN-Satker) se-Indonesia tahun 2023.

Rektor ISI Denpasar Prof Dr Wayan "Kun" Adnyana di Denpasar, Sabtu, menyampaikan syukur atas prestasi yang diraih, sekaligus berterima kasih kepada seluruh mitra bersama sivitas akademika ISI Denpasar atas sinergi tanpa putus yang telah dibangun bersama.

Ia menyampaikan bahwa ISI Denpasar menang dalam lima kategori, yaitu Pertumbuhan IKU Terbaik PTN-Satker dan Posisi Tertinggi (Top 10%) Liga PTN-Satker Seni, IKU 2 tentang persentase partisipasi mahasiswa terbanyak mendapat pengalaman di luar kampus; IKU 5 kategori hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional; dan IKU 6 kategori program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia.

Penghargaan telah diserahkan Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Prof Nizam pada acara Evaluasi Pelaksanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran Triwulan Kedua Tahun Anggaran 2023.

Penghargaan diterima Wakil Rektor (WR) Bidang Umum Dr Ketut Muka bersama WR Bidang Kerja Sama Prof Dr Komang Sudirga, mewakili Rektor ISI Denpasar, di Jakarta, Jumat (21/7).

Baca juga: Mendikbudristek: ISI Denpasar bangun prospek kreatif tingkat global

Kun Adnyana mengemukakan, mitra ISI Denpasar meliputi lembaga seni budaya dan dunia usaha-dunia industri swasta dan pribadi (baik seniman, desainer, maestro, maupun profesional) di Indonesia.

Selanjutnya berbagai organisasi perangkat daerah provinsi dan kota/kabupaten se-Bali, termasuk perguruan tinggi negeri-swasta baik di Indonesia maupun internasional.

"ISI Denpasar dalam tingkatan institut, fakultas, dan program studi telah menjalin kerja sama dan sinergi luar biasa dalam upaya pemajuan kurikuler pendidikan tinggi bidang seni dan desain, termasuk kerja ekstrakurikuler Pemajuan Kebudayaan," ujar mantan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali itu.

Prestasi IKU, ucap dia, dapat diraih karena semata hasil kerja sama yang meluas antara sivitas akademika dan mitra dalam koordinasi efektif kelembagaan institut, fakultas, dan program studi.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama ISI Denpasar Prof Sudirga menyampaikan rasa bangga dan haru karena kerja keras seluruh pimpinan bersama sivitas akademika selama dua tahun belakangan ini berbuah hasil yang membanggakan.

Capaian IKU terbaik yang merupakan barometer keberhasilan prestasi PTN di Indonesia kembali dapat diraih. Setelah pada tahun 2022 berhasil meraih dua prestasi, yakni bidang kerja sama dan posisi tertinggi (Top 10 %) pada Liga Satker-Seni, kini bertambah dengan tiga kategori.

"Seluruh PTN berpacu untuk menjadi yang terbaik. ISI Denpasar, astungkara dapat meningkatkan prestasi," ujarnya.

Baca juga: ISI Denpasar raih penghargaan unggul untuk Indikator Kinerja Utama

Upaya untuk prestasi dalam capaian IKU, telah menjadi pemicu kerja seluruh PTN di Indonesia. Setiap PTN berkompetisi dalam liga masing-masing, yakni Liga PTN Badan Hukum (BH), PTN Badan Layanan Umum (BLU), dan PTN Satuan Kerja (Satker).

Pada PTN-Satker juga terdapat kategori Liga PTN Satker-Seni, yakni kompetisi antar-PTN bidang seni seluruh Indonesia. ISI Denpasar selain berprestasi dalam Liga Satker-Seni juga terdepan dalam capaian Pertumbuhan IKU Terbaik Tahun 2022 Liga PTN-Satker se-Indonesia.

Raih Anugerah Merdeka Belajar Terbaik
ISI Denpasar juga telah meraih Anugerah Merdeka Belajar Kategori Pendidikan Tinggi, dengan Subkategori "Perguruan Tinggi Akademik dengan Persentase Jumlah Mahasiswa Terbanyak Mengikuti program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka" dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Penghargaan dari Mendikbudristek tersebut diserahkan serangkaian Bulan Merdeka Belajar peringatan Hari Pendidikan Nasional, bertempat di Gedung Kesenian Trimurti, Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 29 Mei 2023.

Rektor Kun Adnyana mengatakan prestasi persentase partisipasi mahasiswa dalam program pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dapat diraih karena ISI Denpasar membangun kurikulum MBKM bersama pemangku kepentingan, terutama mitra pemajuan seni budaya baik lembaga maupun dunia usaha-dunia industri.

"Fondasi kurikulum dibentuk guna memastikan terbangunnya sinergi dan kemanfaatan bersama dalam pembelajaran seni dan desain strata pendidikan sarjana serta sarjana terapan," ujarnya.

Mahasiswa dipastikan meraih pengalaman otentik dari mitra MBKM bereputasi, sekaligus gemilang meraih prestasi pembelajaran dengan akumulasi 20 Satuan Kredit Semester (SKS) pada dua Semester program MBKM tersebut.

Baca juga: ISI Denpasar libatkan 61 tokoh susun Kurikulum Merdeka Belajar

Wakil Rektor ISI Denpasar bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Anak Agung Gede Rai Remawa menyatakan hal yang sama.

Keberhasilan capaian IKU, termasuk keberhasilan meraih Anugerah Merdeka Belajar karena peran mitra MBKM yang bersinergi dengan sivitas akademika ISI Denpasar secara efektif, progresif, dan berkelanjutan.

"Sejak hulu, membangun kurikulum, kemudian menyepakati tematik program, berikut implementasi proses pembelajaran luar kampus secara bersama-sama menjadi kunci sukses bersama ini," kata peraih Penghargaan Bali Sewaka Nugraha Provinsi Bali tahun 2023 ini.
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023