Kampala (ANTARA) - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan akan menutup kantor urusan HAM di Uganda pekan ini.

Komisioner Tinggi HAM PBB Volker Turk mengatakan kantor cabang di Kampala akan berhenti beroperasi Sabtu setelah Uganda menolak  perjanjian memperpanjang kehadiran kantor itu di negara tersebut.

Menyesali penutupan setelah 18 tahun beroperasi, Turk mengaku bahwa selama memberikan layanan, kantor tersebut bisa bekerja sama dengan masyarakat sipil, orang-orang dari semua kalangan di Uganda dan bergandengan tangan dengan lembaga-lembaga negara dalam  menggalakkan dan melindungi HAM seluruh rakyat Uganda."

Dia meminta pemerintah Uganda agar melindungi pembela HAM dan wartawan di negara Afrika Timur itu. 

Turk juga menyatakan prihatin bahwa sebagian besar dari 54 organisasi non-pemerintah yang dibekukan pemerintah dua tahun lalu belum beraktivitas kembali.

Baca juga: Afrika desak PBB izinkan pengiriman pupuk Rusia yang diblokir di Eropa

Turk juga menyoroti kurangnya dana dari Kampala untuk Komisi HAM Uganda dan meminta pemerintah agar menyediakan sumber daya memadai supaya operasi mereka berjalan efektif.

"Mitra setia kami (Komisi HAM Uganda) dalam melindungi dan menggalakkan HAM di negara ini, tengah secara kronis kekurangan dana dan staf. Laporan mengenai adanya intervensi politik dalam mandatnya merusak legitimasi, independensi dan sikap netralnya," kata dia.

Semua ini terjadi setelah Uganda menghadapi sejumlah tuduhan pelanggaran HAM, terutama terhadap para politisi oposisi dan pendukung-pendukungnya.

Pada Februari pemerintah Uganda memutuskan menutup Kantor Komisaris Tinggi HAM di Uganda, yang menuai banyak kecaman dari pembela HAM.

Baca juga: PBB ingatkan keamanan Afrika Barat bisa terdampak kudeta Niger

Sumber: Anadolu

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023