Ini wujud nyata Pertamina membangun kebanggaan masyarakat akan produk UMKM dan pariwisata lokal berkelanjutan
Palu (ANTARA) -
Pertamina Patra Niaga memamerkan 100 lebih produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBI-GBWI) di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu.
 
"Ini wujud nyata Pertamina dalam membangun kebanggaan masyarakat akan produk UMKM dan pariwisata lokal yang berkelanjutan lewat semarak GBBI dan GBWI di Sulteng," kata Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Fahrougi Andriani Sumampouw melalui keterangan tertulisnya diterima di Palu.
 
Ia menjelaskan, pada kegiatan ini Pertamina membawa lebih dari 100 produk dari 24 UMKM yang berasal dari Rumah BUMN (RB) Kabupaten Tojo Una-Una dan RB Kabupaten Parigi Moutong, terdiri dari produk makanan dan minuman, craft serta fashion.
 
Kegiatan mengangkat tema "100 persen Sulawesi Tengah” ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sulteng, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pertamina, dan BUMN lainnya.
 
Ia mengemukakan, Gernas BBI dan BWI bertujuan supaya masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan produk karya anak bangsa, utamanya untuk mempromosikan produk lokal daerah yang berkualitas, meningkatkan daya beli dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM termasuk Industri Kecil dan Menengah (IKM).
 
"Pertamina juga berusaha untuk membantu penguatan UMKM dengan kebijakan yang berpihak pada pemberdayaan lokal, dan terus konsisten mendukung UMKM lokal melalui berbagai program pembinaan," ujarnya.
 
Diharapkan, melalui berbagai program diintervensi Pertamina dapat sektor UMKM dan pariwisata di Indonesia, serta memberikan inspirasi untuk membangkitkan semangat optimis para pelaku UMKM, sehingga dapat menjadi ajang promosi untuk meningkatkan transaksi penjualan produk-produk lokal, khususnya yang telah masuk ke dalam ekosistem digital.
 
Berbagi program yang telah diintervensi juga, katanya pula, untuk mendukung pencapaian target 30 juta UMKM on boarding pada tahun 2024 yang dicanangkan pemerintah.
 
Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir mengemukakan, kampanye Gernas BBI dan BWI selaras dengan upaya Pemprov Sulteng dalam menjalankan pembangunan di sektor UMKM dan pariwisata melalui pencanangan Sulteng sebagai Negeri 1.000 Megalith, untuk kemajuan daerah ini lebih sejahtera.
 
“Saya berharap kampanye BBI dan BWI dapat meningkatkan jumlah unit artisan baik UMKM, IKM maupun pertumbuhan popularitas destinasi pariwisata lokal," ujarnya pula.
 
Ia juga mengemukakan, Pemprov Sulteng berupaya membangun kesadaran dan kebanggaan masyarakat terhadap wisata lokal termasuk membangun karakter bangga buatan Indonesia sejak dini.
 
Puncak kampanye Gernas BBI dan BWI berlangsung pada 5-6 Agustus 2023 di Kota Palu.
Baca juga: Kisah inspiratif UMKM di ajang BBI dan BBWI Riau
Baca juga: BI komitmen sukseskan Gernas BBI dan GBWI di Sulawesi Tengah

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023