Jakarta (ANTARA) -
Kepolisian menyebutkan persoalan kabel termasuk di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, harus segera diatasi agar tidak semrawut dan terjuntai ke jalan yang dapat membahayakan masyarakat.
 
"Harusnya kepada para pihak penyelenggara pemasangan kabel yang berada di zona publik agar dibuat rencana tata ruangnya," kata Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam Lisendra dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Hal tersebut disampaikan Multazam saat menanggapi keluhan masyarakat Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, terkait kabel semrawut di wilayah itu.

Dia berharap kabel yang semrawut segera ditangani. "Dimana yang duluan, mana saja prioritasnya sehingga keberadaan kabel semrawut terjuntai ke jalan tersebut dapat terpetakan semua dan cepat ditangani apabila ada pengaduan dari masyarakat," katanya.

Selain keberadaannya merusak pemandangan, kata dia, kabel semrawut dan sebagian terjuntai ke jalan juga sangat membahayakan masyarakat, terutama pengguna jalan.

Baca juga: Tim dokter RS Polri fokus naikkan berat badan Sultan
Baca juga: Legislator usulkan pembentukan pansus kabel semrawut di Jakarta
 
Multazam telah memerintahkan kepada jajarannya untuk berkomunikasi dan menindaklanjuti aduan masyarakat soal kabel tersebut kepada pihak terkait.
 
"Sudah saya perintahkan jajaran di lapangan untuk berkomunikasi dan menindaklanjuti aduan masyarakat kepada para pihak terkait Kelurahan Srengseng Sawah," katanya.
 
Multazam menjelaskan pengaduan masyarakat atas kabel tersebut didassrkan atas kekhawatiran akan kembali menimbulkan 
korban.
 
"Sangat khawatir jika fenomena kabel semrawut dan terjuntai ke jalan tersebut akan memakan korban kembali," katanya.

Kabel terjuntai ke jalan yang terjadi di Jalan Srengseng Sawah RT 005/RW 06 Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan sudah mulai dibenahi untuk diperbaiki oleh dinas terkait Kelurahan Srengseng Sawah, PLN dan Polsek Jagakarsa.

Sultan (20) warga Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten, tersengat kabel fiber optik yang menjuntai di kawasan Antasari Jakarta Selatan, 
 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023