Jakarta (ANTARA) - Pengiriman bantuan logistik dan peralatan untuk menangani kekeringan dan cuaca ekstrem yang menyelimuti Papua Tengah menjadi salah satu berita humaniora terpopuler pada laman Antaranews.com, sepanjang Minggu (6/6).  
 
Kekeringan akibat musim kemarau panjang yang diiringi cuaca dingin ekstrem telah menyebabkan gagal panen. Kondisi itu menyebabkan penduduk kesulitan mendapatkan makanan selama sebulan terakhir.  
 
Kemudian, gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, menyebabkan berbagai kerusakan di wilayah tersebut. BMKG melaporkan bahwa gempa bumi dangkal itu terjadi akibat adanya aktivitas sesar aktif.
 
Berikut rangkuman berita-berita humaniora terpopuler selengkapnya:
 
 
Distribusi logistik dan peralatan ke Papua Tengah
 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mendistribusikan sejumlah 5.228 kilogram logistik dan peralatan dalam upaya penanganan darurat bencana kekeringan dan cuaca dingin ekstrem di Papua Tengah.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Rekor dunia gelaran angklung
 
Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia Guiness World Records melalui pergelaran musik angklung terbesar di dunia yang diikuti oleh 15.110 peserta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Sabtu (5/8).
 
Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra mengatakan angklung merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui UNESCO sejak tahun 2010 dan memiliki nilai-nilai baik pendidikan karakter yang harus dilestarikan dan diturunkan ke generasi selanjutnya.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Tingkatkan kewaspadaan hadapi Karhutla
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan selama musim kemarau.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Taman Safari kawinkan dua panda
 
Taman Safari Indonesia mengawinkan dua ekor panda raksasa asal China, yang diberi nama Cai Tao dan Hu Cun ketika keduanya memasuki usia 13 tahun.
 
Masa kawin panda hanya terjadi satu tahun sekali dan masa suburnya berlangsung satu pekan.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Gempa susulan di Sigi
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa susulan di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah hingga Minggu sore meningkat menjadi 24 kali, setelah sebelumnya pada siang terjadi 13 kali pasca gempa magnitudo 5,3 mengguncang kabupaten tersebut.
 
Baca selengkapnya di sini.

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023