Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari menyebut cuaca wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) pagi hingga siang hari umumnya cerah berawan walaupun ada beberapa daerah yang berpotensi hujan ringan.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan resmi di Kendari, Senin, mengatakan secara umum dari 17 kabupaten/kota di Sultra umumnya cerah berawan, kecuali wilayah kabupaten Kolaka berpotensi hujan ringan.

"Ada beberapa wilayah kecamatan yang berpotensi hujan di Kabupaten Kolaka seperti Kecamatan Wolo dan Samaturu terjadi pada siang dan sore hari, namun sebagian kecamatan lainnya cerah berawan," ujarnya.

Baca juga: Masyarakat pesisir diminta waspada gelombang tinggi hingga empat meter
Baca juga: BMKG prakirakan hujan ringan hingga berawan dominasi cuaca Indonesia


Di Kabupaten Konawe juga berpotensi hujan ringan di wilayah kecamatan lambuya, Unaaha Wawotobi, Pondidaha, Soropia, Tongauna, Puriala, Uepai, Wonggeduku, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, Konawe, Onembute, Padangguni, Wonggeduku Barat, dan Anggotoa.

Begitu juga kabupaten Konawe Selatan pada wilayah kecamatan Angata, Landono, Laonti, Mowila, Kolono Timur, Sabulakoa, dan Kabupaten Kolaka Timur di wilayah kecamatan Tirawuta, Uluiwoi, Tinondo, dan sekitarnya.

Suhu udara pada hari ini antara 23 - 33 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 55 - 90 persen serta, angin bertiup dari Timur - Selatan rata-rata per 2 - 30 kilometer per jam.

Faizal mengatakan, selain kondisi cuaca juga prakiraan pasang surut air laut di wilayah Kabupaten Kolaka, Kolaka, Kolaka Utara dan Bombana untuk tanggal 06 - 07 Agustus 2023 masih pada kondisi normal.

Baca juga: Sebagian wilayah Jakarta berpotensi hujan disertai angin pada malam
Baca juga: Cuaca kebanyakan kota besar diprakirakan cerah berawan hari ini

 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023