Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Kendari memprediksi bahwa beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) masih akan dilanda cuaca ekstrem hingga tujuh hari ke depan.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Luh Nyoman Didik Tri Utami di Kendari melalui keterangan resminya Senin, mengatakan prakiraan cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Bumi Anoa ini berlaku sejak Senin (6/3) hingga Minggu (12/3).

Dia menyebut bahwa prakiraan cuaca ekstrem tersebut berupa angin kencang yang disertai dengan hujan, serta guntur.

"Terdapat belokan angin dan konvergensi di wilayah Sultra. Anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sultra yang dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air)," katanya.

Dia mengungkapkan bahwa hal itu disebabkan oleh massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas sedang hingga kuat dengan skala lokal terkonsentrasi di wilayah Bumi Anoa.

“Faktor-faktor tersebutlah yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Adapun beberapa wilayah yang dimaksud akan dilanda cuaca ekstrem tersebut sebagai berikut:

Senin, 6 Maret 2023 di wilayah Konawe Utara, Kendari, Konawe, Kolaka Utara, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Timur, Buton, dan Buton Selatan.

Selasa, 7 Maret 2023 di wilayah Konawe Utara, Konawe Selatan, Kendari, Konawe, Konawe Kepulauan, Kolaka, Muna, Muna Barat, Buton Utara, Kolaka Utara, Bombana, Wakatobi, dan Kolaka Timur.

Rabu, 8 Maret 2023 di wilayah Konawe Utara, Konawe, Kolaka Timur, Konawe Selatan, Kendari, Konawe Kepulauan, Kolaka, Kolaka Utara, Buton Selatan, Bombana, Muna, dan Muna Barat.

Kamis, 9 Maret 2023 di wilayah Konawe, Konawe Utara, Kendari, Konawe Selatan, Muna Barat, Muna, Kolaka Utara, Buton Utara, Konawe Kepulauan, dan Kolaka.

Jumat, 10 Maret 2023 di wilayah Kolaka, Kolaka Utara, Konawe Utara, Konawe, Konawe Selatan, Kendari, Muna, Muna Barat, Buton Utara, Buton, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, dan Bombana.

Sabtu, 11 Maret 2023 di wilayah Konawe Utara, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe, Bombana, Kolaka, Konawe Selatan, Baubau, Muna Barat, Buton, Buton Tengah, Kendari, Buton Selatan, dan Bombana.

Baca juga: Hujan deras, empat desa di Kabupaten Bima diterjang banjir
Baca juga: BMKG perkirakan Sulut masih berpotensi cuaca ekstrem hingga 7 Maret


Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023