Jakarta (ANTARA) - Petenis Inggris Dan Evans merebut gelar ATP dan WTA Washington Open dengan mengalahkan petenis Belanda Tallon Griekspoor 7-5, 6-3 pada turnamen lapangan keras pemanasan US Open di Washington, Minggu (6/8) malam waktu setempat.

Evans, peringkat 30 dunia yang satu-satunya gelar ATP sebelumnya diraih pada ajang outdoor Melbourne 2021, menjadi petenis Inggris pertama yang berjaya di Washington sejak Tim Henman pada 2003.

Petenis berusia 33 tahun itu pun akan naik ke peringkat ke-21 pekan ini, tertinggi dalam kariernya, setelah tiba di ibu kota AS itu dengan kekalahan beruntun tujuh pertandingan level tur.

"Saya tidak bisa benar-benar memikirkan hal ini di awal pekan. Pekan yang luar biasa. Sangat berarti bagi saya," kata Evans, seperti disiarkan AFP, Senin.

Sedangkan Griekspoor gagal merebut gelar ketiganya setelah trofi di Pune pada Januari dan 's-Hertogenbosch pada Juni.

"Pertama kali di DC, masuk final, saya rasa tidak terlalu buruk," ujar Griekspoor.

Baca juga: Gauff sabet gelar WTA Washington

Griekspoor menyelamatkan satu set point pada gim ke-10 dengan ace yang melebar tetapi Evans mematahkan servis petenis berusia 27 tahun itu pada gim ke-12 untuk merebut set pertama pada menit ke-53.

Evans mencetak 14 winner dengan hanya tiga unforced error pada set pembuka.

Set kedua terhenti pada kedudukan 2-2, dan dilanjutkan setelah penundaan sekitar dua jam 20 menit.

Evans memimpin 5-3, backhand winner dan backhand lob winner darinya memastikan break setelah Griekspoor melakukan kesalahan ganda.

Petenis Inggris itu menyelamatkan empat break point pada gim kesembilan yang menegangkan dan setelah hampir 10 menit melepaskan servis winner, ia pun merebut gelar setelah satu jam 41 menit.

Baca juga: Alcaraz ingin tebus kesalahan di ATP Kanada dengan kemenangan
Baca juga: Alcaraz dipastikan lolos ATP Finals 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023