Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) berharap capaian pemanah Arif Dwi Pangestu yang telah mengamankan tiket pertama Indonesia ke Olimpiade 2024 Paris dapat memotivasi atlet dari cabang olahraga lain menuju pesta olahraga terbesar sedunia itu.

"Arif telah menunjukkan penampilan luar biasa yang bisa kita lihat langsung bagaimana kegigihannya untuk mendapatkan tiket Olimpide Paris. Semoga hasil yang didapatkan Arif bisa menjadi motivasi atlet lain yang juga masih berjuang," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, dikutip dari keterangan resmi, Senin.

"Dan juga saya berharap agar cabang-cabang olahraga lain harus mulai jeli dengan turnamen kualifikasi Olimpiade karena waktu yang tersisa kurang dari setahun lagi," ujarnya menambahkan.

Indonesia mengantongi tiket pertama Olimpiade 2024 Paris lewat penampilan impresif Arif di nomor recurve putra pada Kejuaraan Dunia Panahan 2023 di Berlin, Jerman.

Arif mengandaskan mantan juara dunia Kim Woojin di 16 besar, sebelum akhirnya dihentikan Eric Peters (Kanada) di semifinal dengan skor 4-6.

Peters kemudian mengamankan perak usai dikalahkan pemanah Turki Mete Gazoz 4-6 di final. Sementara Arif harus mengakui kepiawaian Marcus D’Almaida (Brazil) 4-6 dalam perebutan medali perunggu.

Baca juga: Arif Dwi Pangestu pastikan satu tiket panahan ke Olimpiade Paris

Di sisi lain, Arif bersyukur bisa membawa pulang tiket Olimpiade ke Tanah Air. Ia bertekad mengevaluasi penampilannya demi target yang lebih besar, terutama untuk tampil di Paris 2024.

Arif adalah pemanah muda berusia 19 tahun. Ia merupakan Olympian yang turun di Tokyo 2020 dan saat tampil di SEA Games 2021 Hanoi pada 2022, ia meraih hasil mentereng dengan membawa pulang medali emas.

"Saya mendapatkan pengalaman berharga di sini karena bisa bersaing dengan pemanah-pemanah senior. Sempat nervous karena ini perebutan tiket pertama panahan, apalagi cuacanya lumayan ekstrem karena angin sangat kencang dan sempat hujan juga, tapi saya percaya bisa mendapat tiket Olimpiade dan Alhamdulilah berhasil," kata Arif.

"Dengan hasil ini saya tak langsung puas, justru akan semangat latihan karena saya bertekad membawa medali di Asian Games serta Olimpiade Paris," imbuh Arif.

Baca juga: Panahan Indonesia jaga asa raih tiket Olimpiade 2024 lewat WAC 2023
Baca juga: Perpani apresiasi tim Indonesia di World Archery Championships

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023